Ajak Pahami dan Aplikasikan Nilai Luhur Bangsa

0
595

Daniel Johan Kunjungi Sanggau

Anggota DPR RI Daniel Johan Saat Menghadiri Sosialisasi Pancasila, NKRI dan UUD NRI 45 dan Bhineka Tunggal Ika.
Anggota DPR RI Daniel Johan Saat Menghadiri Sosialisasi Pancasila, NKRI dan UUD NRI 45 dan Bhineka Tunggal Ika.

SANGGAU – Anggota MPR/DPR RI Daniel Johan dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa mengajak masyarakat terutama pemuda dan mahasiswa untuk memahami dan melaksanakan nilai-nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat dalam menjalankan nilai-nilai kebangsaan untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada saat ini. salah satu tantangannya adalah semakin memudarnya rasa persaudaraan antar anak bangsa. Hal ini terlihat dari banyaknya kasus kejahatan yang terjadi ditengah kehidupan bermasyarakat baik itu perkelahian antar kampung, antar anak muda dan ancaman radikalisme serta berbagai persoalan lainnya.

Di depan para peserta Daniel Johan mengungkapkan sebagai bangsa yang besar kita memiliki nilai luhur yang harus kita praktekan dan jaga agar tetap membara di hati sanubari anak bangsa. Daniel Johan kemudian mengupas makna dari Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika agar mudah memberikan pemahaman kepada para peserta sosialisasi.

“Pancasila bukan saja ideologi dan dasar negara, melainkan juga hasil dari implementasi hidup bermasyarakat dan interaksi antar anggota masyarakat. Oleh karena itu, apa yang sudah dirumuskan oleh pendiri bangsa harus kita aplikasikan dalam hidup sehari – hari agar kita kokoh sebagai bangsa,” ujarnya.

Terlebih saat ini, lanjut dia, banyak sekali ideologi – ideologi luar yang berusaha memecah belah persatuan bangsa. Oleh karena itu, mengamalkan Pancasila merupakan jawaban yang tepat untuk membentengi diri dari pengaruh negatif ideologi tersebut, papar Wasekjen DPP PKB tersebut.

“Selain mengamalkan Pancasila, menghayati dan memahami Bhinneka Tunggal Ika juga penting, karena Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak perbedaan. Justru inilah kekayaan yang membuat kita menjadi bangsa besar, bukan sebaliknya, memecah belah bangsa,” tutup anggota Komisi IV DPR tersebut. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here