Bagikan Masker, AJK Mengedukasi Masyarakat Menjaga Kesehatan

0
109
Saat membagikan masker kepada masyarakat. (Foto Istimewa)

LINTASKAPUAS I KETAPANG – Menyikapi semakin meningkatnya aktivitas masyarakat menjelang hari Raya Idul Fitri di tengah pandemi seperti ini. Untuk itu Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK) kembali membagikan Masker kepada masyarakat atau pengunjung di pusat perbelanjaan.

Hal ini dilakukan mengingat masih kurangnya kesadaran masyarakat tentang ibauan seperti menjaga jarak dan pemakaian masker saat keluar rumah untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.

Ketua AJK Ketapang, Theo Bernadhi, mengatakan pembagian 500 masker kain tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat yang tidak memiliki masker, khususnya masker kain. Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengingatkan masyarakat agar selalu mengenakan masker di saat melakukan aktivitas di luar rumah.

“Karena masih banyak yang tidak mengenakan masker saat keluar rumah atau berbelanja, tidak tahu apakah mereka tidak punya atau tidak mau menggunakannya. Intinya kita membantu bagi yang tidak punya dan mengingatkan agar senantiasa menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah,” katanya, Selasa (19/05/2020) sore.

Theo menjelaskan, saat ini Ketapang ditetapkan sebagai zona merah penyebaran Covid-19 di Kalbar. Terdapat 12 pasien positif Covid-19 di Ketapang. Bahkan dua kecamatan di Ketapang juga ditetapkan sebagai zona merah yaitu, Delta Pawan dan Benua Kayong. Namun dari pantauan aktivitas masyarakat di dua kecamatan tersebut terus meningkat menjelang Idul fitri.

Theo menilai, menjaga diri agar tetap sehat dan terhindar dari hal-hal buruk adalah tanggung jawab masing-masing. Namun demikian, masyarakat tidak bisa mengabaikan begitu saja imbauan yang telah ditetapkan untuk kebaikan bersama.

“Memang belum ada larangan untuk keluar rumah, akan tetapi agar tidak menyebabkan hal-hal buruk, dan untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan ditengah Pandemi Covid-19 maka sudah seharusnya kita menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ajaknya.

Theo menambahkan, pembagian masker ini merupakan yang kesekian kalinya dilakukan oleh AJK. Hal tersebut dilakukan untuk membantu dan menyadarkan masyarakat betapa pentingnya menggunakan masker sebagai satu diantara upaya memutus matarantai penyebaran Covid-19.

“Selain meminta seluruh masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan, kita juga minta Pemda melalui instansi terkait untuk rutin memberikan edukasi dan melakukan penindakan sesuai aturan yang ada,” tukasnya. (Ags.Fy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here