BPS Sosialisasikan Sensus Penduduk Berbasis Online Tahun 2020

0
306

BPS gelar Sosialisasi Sensus Penduduk Online tahun 2020 di Aula Diskominfo Sintang
LINTASKAPUAS I SINTANG, Menjelang Sensus Penduduk 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sintang akan diawali dengan Sensus Penduduk secara Online atau biasa di sebut SPO menuju satu data Kependudukan Indonesia.

Sosialisasi Sensus penduduk Berbasis Online tersebut digelar BPS bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sintang digelar pertama kali kepada Seluruh media Di Kabupaten Sintang dengan harapan bisa menginformasikan kepada masyarakat yang berlangsung di Aula Diskominfo Sintang, Rabu (12/2/2020).

Kepala BPS Kabupaten Sintang, Mochamad Su’udi mengungkapkan pada Sensus Penduduk 2020, BPS Kabupaten Sintang akan memulai menggunakan Sensus Penduduk Online (SPO) yang akan dimulai pada tanggal 15 Februari-31 Maret tahun 2020.

“Sensus Penduduk Online ini adalah terobosan baru dalam pelaksanaan sensus penduduk. Sasaran kita tentu masyarakat yang familiar menggunakan handphonenya,” ujarnya.

Mochamad mengatakan penggunaan Sensus Penduduk Online sendiri dapat dilakukan secara mandiri selama masa periode tersebut dengan mengoptimalisasikan teknologi informasi.

“Dengan Sensus Penduduk Online 2020, kita ingin menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti penting data, dimulai dari informasi pribadinya. Dengan demikian, kita dapat mewujudkan satu data kependudukan Indonesia,” katanya.

Untuk berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online, lanjut Mochamad, masyarakat bisa membuka membuka laman resmi (website) sensus.bps.go.id dan melakukan login, mengisi keterangan kependudukan dan perumahan yang ditanyakan secara lengkap terakhir mengunduh bukti yang telah berpartisipasi pada Sensus Penduduk Online yang ada pada tampilan halaman terakhir.

“Hal yang harus disiapkan adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga, Buku Nikah atau Akta Cerai serta alamat anggota keluarga yang tidak tinggal di rumah,” tuturnya.

Mengenai target, Mochamad yakin pencapaian Sensus Penduduk Online 2020 akan mencapai target yang sudah ditentukan.

“Target kita 8 persen, dan begitu Bupati Sintang tahu, beliau terkejut, karena ternyata itu kecil. Jadi, kita yakin target kita akan sampai,” ucapnya.

Mochamad juga mengatakan Sensus penduduk ini sangat penting bagi keberlangsungan hidup masyarakat. oleh sebab itu seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih maka kita mencoba melakukan terobosan baru untuk sensus penduduk berbasis online.

Tujuh manfaat dari sensus penduduk untuk masyarakat yakni :
1. Pengendalian penduduk dan tata kelola penduduk.
2. Penguatan pelaksanaan perlindungan sosial.
3. Peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan
4. Pemerataan pelayanan pendidikan berkualitas.
5.peningkatan kualitas anak, perempuan dan pemuda.
6. Pengentasan kemiskinan
7. Peningkatan produktifitas dan daya saing.

“Oleh sebab itu, harapan kita untuk sensus penduduk tahun 2020 bisa lebih tepat dan akurat, “ucapnya.

M. Su’Uid juga mengatakan Sensus penduduk secara online akan mulai digelar mulai dari tanggal 15 Februari sampai 31 maret 2020.

“Setelah sensus penduduk Online ini, lanjut Su,uid, kita juga akan menggelar sensus penduduk door to door kepada masyarakat yang akan dilaksanakan mulai juni 2020, ” jelas Su,uid.

Harapan kita, dengan adanya terobosan baru dalam sensus penduduk secara online ini bisa mensukseskan satu data kependudukan indonesia, sebagaimana pepatah bijak mengatakan “membangun tanpa data seperti berjalan tanpa tujuan,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang, Kurniawan mengharapkan sosialisasi mengenai Sensus Penduduk Online tahun 2020 ini dapat sampai dengan masyarakat.

“Harapan kita bersama, semoga kawan-kawan media semua bisa menginformasikan terobosan baru ini kepada masyarakat. karena dengan data yang tepat dan akurat tentu akan menjadi salah satu acuan bagi pemerintah Kabupaten Sintang dalam mensukseskan pembangunan sintang yang berkelanjutan, “pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here