Budayakan Perilaku Hidup Sehat Pada Anak Sejak Dini

0
68

Pelaksana tugas (Plt) Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Kurniawan menyampaikan sambutannya dalam acara peringatan hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sedunia di Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Bhayangkari
LINTASKAPUAS I SINTANG – Pelaksana tugas (Plt) Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Kurniawan mengatakan bahwa pembangunan nasional saat ini mengarah pada pembangunan yang berbasis hak. yakni pembangunan harus memenuhi hak-hak dasar masyarakat yakni hak untuk sehat secara fisik.

“Salah satu cara untuk merealisasikannya yakni pemerintah mencanangkan upaya dan pembudayaan budaya dan perilaku hidup sehat, sehingga di sinilah letak pentingnya kegiatan cuci tangan pakai sabun, ” ucap Kurniawan saat menghadiri peringatan hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sedunia di Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Bhayangkari, Kecamatan Sintang, Jumat (8/11/19).

Kurniawan mengajak seluruh Orang tua yang hadir agar mengajarkan dan membudayakan cuci tangan kepada anak sebelum dan sesudah beraktivitas
“jadi anak kita itu meniru, kalau yang di tirunya baik, baiklah dia, kalau yang ditirunya tidak baik maka dia akan melakukan tindakan-tindakan yang tidak baik, jadi cuci tangan pakai sabun ini adalah merubah perilaku, dan merubah karakter masyarakat dan itu tidak mudah”kata Kurniawan.

Kurniawan juga menyampaikan bahwa point penting pada kegiatan cuci tangan pakai sabun ini adalah anak-anak itu membutuhkan figur panutan terkait pola hidup sehat ini.
“Jadi orang tua itu jangan hanya menyuruh saja, tapi melakukan, di lihat dan di dengar oleh anaknya, sehingga kegiatan ini menjadi hal yang sangat penting. Terlebih kepada ibu-ibu yang merupakan orang terdekat dan setiap saat berinteraksi bersama anak-anaknya, sehingga apa yang diucapkan, apa yang di lakukan dan diinginkan ibu-ibu itu pasti secara totali masuk kepada pikiran anak-anaknya. Maka anak yang baik adalah buah dari orang tua yang baik, begitu juga sebaliknya.

“kita bersyukur lanjut Kurniawan, pada hari ini acaranya di laksanakan di suatu tk, karena anak-anak usia dini ini sangat penting, di sosialisasikan dan di beri contoh bagaimana kebiasaan kita mencuci tangan memakai sabun. Kita berharap kegiatan ini kedepan terus di laksakan, karena sangat penting untuk pendidikan kesehatan anak-anak usia dini secara khusus”tutup Kurniawan.

Sementara, Sepina mengatakan kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun yang diikuti siswa TK bertujuan untuk untuk mengajarakan secara khusus kepada anak-anak sejak dini untuk berpeilaku hidup bersih dan sehat yang selalu tertanam kuat di dalam diri anak-anak dan juga anggota keluarga lainnya.

“oleh karena itu kita mengajak anak-anak dan tamu yang hadir pada acara ini selalu membiasakan diri cuci tangan pakai sabun sebelum makan pagi, siang, malam, atau makan makanan lainnya, dan juga setelah dari toilet”terang sepina.
Sepina pun berharap kegiatan ini tidak hanya seremonial belaka, tapi pihaknya berharap dan mengajak kepada guru-guru dan orang tua untuk untuk mengajak dan mengingatkan anak didik atau anaknya agar selalu membudayakan mencuci tangan pakai sabun apa bila tangannya kotor atau usai beraktivitas yang berpotensi menyebabkan bakteri dan kuman menjadi penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here