Bukit Kelam Diguncang Gempa 3,1 SR

0
19090

LINTASKAPUAS I SINTANG – Gempa bumi berkekuatan 3,1 Skala richter mengguncang Objek Wisata Bukit Kelam Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang, pada rabu(27/3/2019) sekitar pukul 05:40:14 WIB pagi tadi.
Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika(BMKG) Kalimantan Barat menyebutkan lokasi gempa terjadi pada koordinat 0.08 LU 111.92 BT dan jarak 48.63 km Timur laut kec. Sintang dengan Kedalaman 5 Km.

Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan, Mudjianto dalam rilisnya menyampaikan Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal.
“Dampak gempabumi berdasarkan informasi dari masyarakat Dirasakan I-II MMI di wilayah Objek Wisata Bukit Kelam Kecamatan Kelam Permai, “ucapnya.
Mujianto juga mengatakan, Guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang saja dan Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Terkait dengan peristiwa gempabumi yang baru saja terjadi, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock), “kata Mujianto.

Ia menghimbau kepada seluruh Masyarakat Kabupaten Sintang khususnya Masyarakat Kecamatan Kelam Permai agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“harapan kita, masyarakat dipastikan agar dalam mengakses informasi Pastikan informasi resmi bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG)
Terpisah, Kapolsek Kecamatan Kelam Permai, Iptu Haryanto membenarkan Adanya informasi terjadinya Gempa 3,1 di lokasi Objek Wisata Bukit Kelam.
“Informasi Gempa tersebut memang benar dan semua warga yang tinggal di seputaran Bukit Kelam merasakan adanya getaran yang sama, “ucapnya.

Ia menuturkan Gempa terjadi pada pukul 05.40.14 subuh tadi, sempat membuat warga diseputaran Bukit Kelam sempat Panik. namun hanya sesaat.
“kalau untuk saat ini, masyarakat sudah tenang dan sudah beraktifitas seperti biasanya, “pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here