Bulan Ramadhan Harga Sembako Meroket, Terry Ibrahim : Pedagang Jangan Mencari Keuntungan dalam Kesempitan

0
114

Bulan Ramdhan, Harga harga sembako mengalami kenaikan Signifikan
LINTASKAPUAS I SINTANG = Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah yang sudah berlangsung selam dua hari ini, sejumlah Barang Kebutuhan Pokok dan Penting (Bapokting) di Kabupaten Sintang mengalami kenaikan harga. Kondisi tersebut selalu terjadi saat menjelang Ramadhan dan perayaan hari besar keagamaan lainnya.
Sebagaimana disampaikan oleh salah satu warga Kelurahan Tanjung Puri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Agustin, mengungkapkan bahwa sejumlah Barang Kebutuhan Pokok dan Penting seperti bawang putih dan bawang merah mengalami kenaikan yang cukup signifikan.
“Biasanya, untuk bawang putih atau bawang merah harganya berkisar Rp. 20.000,- hingga Rp. 25.000,- per kilogram, namun sekarang sudah mencapai Rp. 40.000,- hingga Rp. 45.000,- per kilogram, hal yang sama juga terjadi pada bawang putih,” ucapnya saat ditemui sejumlah media, Selasa (7/5)
Bahkan untuk harga telur ayam, lanjut Agustin, ada beberapa tempat yang sudah mengalami kenaikan harga, yaitu dari Rp. 1.500,- per butir menjadi 1.800,- per butir.
“Kita tentunya berharap, kenaikan sejumlah harga bahan kebutuhan penting seperti telur, ayam, bawang putih dan bawang merah serta yang lainnya tidak mengalami kenaikan apalagi jelang Ramadhan, sebisa mungkin harga seluruhnya dapat stabil,” ujarnya.
Meskipun demikian, Agustin berharap sejumlah barang kebutuhan pokok dan penting di Kabupaten Sintang tak disertai dengan kelangkaan mendapatkan barang tersebut terlebih untuk telur.
“Mendekati Hari Raya Idul Fitri, ada banyak keperluan telur karena biasanya kami menggunakan untuk membuat kue. Kami harap ada langkah yang diambil dari instansi terkait untuk menangani permasalahan ini,” katanya.
Amel, salah atau pedagang di Pasar Sayur Junjung Buih Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang mengaku memang ada kenaikan sejumlah barang kebutuhan pokok dan penting.
“Sudah satu bulan ini, harga bawang memang terus naik. Sekarang, untuk bawang merah kita jual Rp. 42.000,- per kilogram dan bawang putih kita jual Rp. 35.000,- per kilogram. Untuk wortel juga mengalami kenaikan, yang semula kita jual hanya dari Rp. 20.000,- per kilogram sekarang kita jual 27.000,- kilogram,” jelasnya.
Kondisi tersebut mendapat perhatian dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang, Terry Ibrahim mengaku prihatin dengan melonjaknya beberapa harga Barang Kebutuhan Pokok dan Penting disetiap menjelang puasa dan hari besar keagamaan lainnya di Kabupaten Sintang.
“Setiap tahun bahkan setiap hari raya yang selalu dipermasalahkan adalah kenaikan harga. Ini masih terjadi padahal ekonomi saat ini cukup sulit,” ungkapnya
Terry meminta kepada pedagang untuk tidak menaikkan harga karena ada kepentingan pribadi. Tak hanya itu, Terry juga berharap instansi terkait untuk rajin melakukan pengecekan ke lapangan sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecurangan yang ada di pasar.
“Kondisi ekonomi saat ini sulit, jangan lagi dipersulit, Pedangan jangan sampai kencari keuntungan dalam kesempitan . Naik harga sewajarnya jangan ada untuk keuntungan pribadi. Dinas terkait juga harus lebih intens menjaga stok dan harga pasar sehingga tak ada permainan yang merugikan masyarakat. Dengan demikian, umat muslim dapat menjalankan ibadah dengan baik tak terpecah pikirannya memikirkan sembako yang melonjak tinggi,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here