Danrem 121/Abw Tutup Program TMMD ke 109 Perbatasan

0
47
Sambutan Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Ronny, SAP dalam acara penyerahan hasil atMMD ke 109 tahun 2020

LINTASKAPUAS | SINTANG – Komandan Korem 121 Alambhana Wanawai Brigjen TNI Ronny, S.A.P menutup program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Tirta Karya dan Wirayuda Kecamatan Ketungau Tengah Kabupaten Sintang.

Penutupan program Bakti TNI diwilayah perbatasan tesebut dihadiri langsung Pjs Bupati Sintang, Ir. Florentinus Anum, M.Si, dan Kepala Forkompinda Kabupaten Sintang bertempat di aula Pendopo Bupati Sintang, Rabu(21/10/2020).

Komandan Korem 121 Alambhana Wanawai, Brigjen TNI Ronny, S.A.P memaparkan bahwa rezim orde Baru program TNI Manunggal Membangun Desa ini disebut ABRI Masuk Desa dan Tentara Masuk Desa.
“Saat ini memang diubah menjadi TNI Manunggal Membangun Desa dengan maksud semakin mendekatkan TNI dengan rakyat sebagaimana sistem pertahanan rakyat semesta. TNI selalu bersama rakyat dalam mempertahankan negara kita ini seperti kebersamaan TNI dengan rakyat saat perjuangan kemerdekaan dulu, ” jelasnya.

Ronny mengatakan TMMD ke 109 tersebut ditutup secara serentak di 47 kabupaten kota di seluruh Indonesia. ” TMMD ini diprogramkan sebanyak 3 kali di tahun 2020 ini, merupakan wujud pengabdian dan kepedulian TNI terhadap kemajuan daerah. Kami ingin membantu mempercepat pembangunan di daerah untuk mencapai kesejahteraan rakyat, ” ucapnya.
Dalam kesempatan tersebut, Danrem yang berikutnyamengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu membangun daerah dan bersama menghadapi masalah dan tantangan.
“Pada TMMD ini, prajurit TNI hadir ditengah rakyat yang berusaha mencapai sasaran fisik tetapi juga non fisik. Yang penting juga ada interaksi sosial prajurit TNI dengan masyarakat dimana lokasi TMMD dilaksanakan. Kita juga mendorong budaya gotong royong di tengah masyarakat. Selama satu bulan prajurit TNI bekerja bersama masyarakat Desa Tirta Karya, ” jelasnya.

Semoga hasil TMMD ini, lanjut Darem, bisa bermanfaat, meringankan beban rakyat, meningkat perekonomian masyarakat, dan memperlancar transportasi masyarakat menuju pusat kecamatan.

Ia juga menambahkan, bahwa selain pembangunan dibidang Fisik, TMMD ke 109 Kodim 1205 Sintang juga melakukan pembangunan di bidang nonfisik berupa menggelar penyuluhan pertanian, pencegahan narkoba, penyuluhan wawasan kebangsaan, keamanan dan ketertiban masyarakat, dan penyuluhan karhutla.
“Semoga semua bermanfaat dan keberadaan anggota TNI di tengah masyarakat mampu membawa dampak yang positif” terang Brigjen TNI Ronny, S.A.P.