Data BPBD, 10741 KK Terdampak Banjir Sintang

0
96
Distribusi Bantuan kepada warga terdampak Banjir Sintang

LINTASKAPUAS | SINTANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Sintang mencatat sejak sepekan lalu hingga jumat(18/9/2020) terdapat 10741 Kepala Keluarga(KK) terdampak Banjir.

Jumlah tersebut tersebar di 8 Kecamatan yang terendam banjir yakni Serawai, Ambalau, Kayan Hulu, Kayan Hilir, Sepauk, tempunak, Dedai dan Kecamatan Sintang.
“Kecamatan terparah itu terdapat di wilayah Kecamatan Dedai dengan jumlah terdampak banjir sebanyak 2368 Kepala Keluarga(KK), ” Ungkap Kepala Bidang Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logisitik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang, Sugiyanto kepada wartawan, jumat(18/9/2020).

Sugiyanto mengatakan Banjir yang melanda 8 kecamatan tersebut merupakan banjir kiriman dari Kabupaten Melawi dan Kabupaten Kapuas Hulu. ” Kalau untuk curah hujan, tidak terlalu, banjir ini merupakan banjir kiriman dari kabupaten Melawi dan Kapuas Hulu, ” ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa hingga saat ini BPBD Sintang bersama-sama dengan Pemerintah Kecamatan Dan Kodim 1205/Stg masih berupaya menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

Ia juga mengatakan meskipun banjir hingga saat ini warga masih memilih berdiam diri dirumah masing-masing. ” kalaupun ada yang mengungsi, mereka lebih memilih mengungsi ke rumah keluarganya masing-masing yang tak terdampak banjir,” ucapnya.
Ia juga mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya masih menunggu laporan dari beberapa Kecamatan yang terendam banjir apabila warga terdampak membutuhkan posko pengungsian.
“Untuk saat ini kita masih menunggu, laporan, apabila ada warga yang terdampak banjir membutuhkan posko pengungsian maka akan kita siapkan, ” katanya.

Sugiyanto juga menghimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten Sintang, Khususnya yang terdampak banjir, apabila membutuhkan bantuan Bahan pangan, agar segera melapor ke BPDB Sintang.
“Kita juga menghimbau kepada warga yang membutuhkan bantuan, mungkin ada yang terlewatkan atau tidak kebagian Bantuan agar segera melapor kepada kami, ” himbaunya.