Desa Mensiap Baru Deklarasi ODF, Ini Pesan Jarot

0
132
Desa Mensiap Baru Dekalrasi Desa ODF

LINTAS KAPUAS | SINTANG – Mendukung visi misi pemerintah dalam peningkatan kualitas kesehatan, Desa Mensiap Baru, Kecamatan Tempunak mendeklarasikan diri menjadi Desa Open Defection Free (ODF).

Bupati Sintang, Jarot Winarno menyampaikan tidak buang air sembarangan merupakan upaya untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan yang nantinya akan berdampak pada kualitas kesehatan yang semakin baik pula pula.

“Jika buang air sembarangan, lalat kemudian menghinggap disitu dan kemudian menghinggap lagi dimakanan, lalu makanan dimakan, itu yang mengakibatkan berbagai penyakit timbul,” ucapnya deklarasi yang di gelar di Desa Mensiap Baru, Kecamatan Tempunak, Kamis (26/03/2020).

Jarot juga mengatakan saat ini dunia sedang di landa Corona Virus Disease (Covid-19) maka dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta menjaga pola makan dengan mengkomsumsi makanan yang penuh gizi, seperti sayuran dan buah-buahan.

“Jaga jarak sosial juga harus. Saya malu nih kalau difoto, duduknya rapat begini nanti saya dikritik tidak mengajari jaga jarak sosial itu bagaimana,” katanya.

Desa Mensiap Baru Deklarasi ODF

Kepala Bappeda Kabupaten Sintang, Kartiyus mengharapkan agar Desa Mensiap Baru tidak hanya mendeklarasikan dirinya namun harus menjaga status Desa ODF sehingga jika ada masayrakat yang baru saja membangun rumah harus memiliki wc pribadi di rumah.

“Saat ini, semua sudah punya wc yapi tiba-tiba bulan depan ada warga yang bikin rumah baru tapi tak ada wcnya, artinya sudah tak ODF lagi itu. Jadi Pak Kades, tolong ingatkan ya kalau ada warga yang mau buat rumah, jangan lupa buat wc juga,” tuturnya.

Kartiyus mengingatkan pentingnya ODF dalam peningkatan kualitas kesehatan salah atunya dalam penanganan stunting yang saat ini juga sedang digalakkan oleh Pemerintah.

“Ini adalah desa ke-60 yang mendeklarasikan diri menjadi desa ODF,” pungkasnya. (Mcu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here