Dewan Apresiasi Pekan Gawai Dayak Sebagai Aset Pariwisata

0
1232
Anggota DPRD SIntang, Abdurrazak

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Pekan Gawai Dayak((PGD) tingkat Kabupaten Sintang seolah-olah menjadi magnet besar bagi masyarakat yang ada diwilayah Timur Kalimantan Barat dan wisatawan Domestik serta wisatawan Asing untuk datang berkunjung.

Anggota DPRD Sintang, Abdurrazak mengapresiasi terselenggaranya Pekan Gawai Dayak tingkat Kabupaten Sintang yang berlangsung di Komplek Stadion Baning Sintang.

“Kita mengapresiasi pelaksanaan Gawai Dayak di Kabupaten Sintang, karena hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk terus menjaga dan melestarikan asset budaya yang ada di Kabupaten Sintang, “ungkap Razak kepada Lintaskapusa.com, jumat(14/7)

Menurutknya, Pekan Gawai Dayak merupakan salah satu kegiatan promosi pariwisata yang ada di Kabupaten Sintang khususnya wisata budaya. Karena dalam even tersebut akan menampilkan even-even yang disesuaikan dengan nuansa potensi lingkungan sosial, seni budaya dan ekonomi kreatif yang tidak dimiliki Daerah Lainnya.

“Dengan Berbagai penampilan berbagai tarian tradisional serta permainan rakyat tentu akan menjadi salah satu daya tarik wisata bagi wisatawan Domestik Maupun luar untuk berkunjung ke Kabupaten Sintang, “ungkap Politisi Partai Golkar ini.

Menurutnya, Kabupaten Sintang merupakan salah satu Kabupaten yang kaya akan keanekaragaman suku, adat budaya  hidup berdampingan rukun. “Keanekaragaman ini meruapakan salah satu asset daerah yang tidak dimiliki oleh daerah lain, sehingga kita sebagai masyarakat Kabupaten Sintang harus bangga dan harus tetap dijaga dan dilestarikan, “tutur Razak.

Razak mengatakan bahwa Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang merupakan ruang interaksi budaya, karena berbagai hasanah budaya Dayak di ditampilkan dengan keunikannya. Secara khusus.

“Daerah yang kaya akan atraksi budaya, harus memiliki mine set untuk berkesenian harus terpatri dalam jiwa setiap ekspresi, “katanya.

Ia juga mengatakan bahwa ada dua industri pariwisata yang sangat penting dikembangkan dan dilestarikan serta dipromosikan keluar. Yakni, promosi keindahan alam (Nature) yang dimiliki serta promosi harmoni budaya yang bermakna, aksi gagasan dan minat keselarasan serta keserasian.

“Kita berharap khususnya pemerintah bekerja sama dengan masyarakat agar terus tetap melestarikan nilai-nilai seni budaya daerah yang sudah kita miliki selama ini, karena dengan seni dan budaya daerah, dapat merasakan seluruh warisan nenek moyang yang sarat dengan nilai seni dan filosofi, “harap Razak

Dalam kesempatan tersebut, Razak menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sintang atas terselenggaranya Pekan Gawai Dayak tingkat Kabupaten Sintang, “semoga, melalui Pekan Gawai Dayak ini mampu meningkatkan toleransi dan Keberagaman di Kabupaten Sintang