Dewan Dukung Pembentukan Pasar Tertib Ukur di Sintang

0
39

Dinas PerindustDewan Dukung Pembentukan Pasar Tertib Ukur di Sintangrian, Perdaganga, Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Sintang Gelar Sosialisasi pembentukan Pasar Tertib Ukur
LINTASKAPUAS I SINTANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Ghulam Raziq mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Dinas Perindustrian, Perdaganga, Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Sintang yang berencana akan membuat dua pasar di Kabupaten Sintang yaitu Pasar Junjung Buih dan Pasar Masuka menjadi Pasar Tertib Ukur.
“Ini adalah salah satu upaya dari Pemerintah Kabupaten Sintang untuk melindungi hak konsumen. Dengan adanya Pasar Tertib Ukur, tentu semua timbangan harus sudah ada standarisasi yang ditentukan dan sudah ditera oeh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Sintang,” ujarnya.
Raziq mengatakan bahwa pihaknya mendorong Pemerintah Kabupaten Sintang untuk terus maju dalam melindungi hak konsumen. Yang artinya, melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pasar baik dari melihat kualitas makanan maupun dengan memperhatikan timbangan yang digunakan oleh penjual.
“Bukan menuduh, namun bisa saja timbangan yang digunakan tidak befungsi dengan baik. Nah, dengan adanya giat pemerintah untuk Pasar Tertib Ukur ini tentu ada kiat tersendiri, seperti tadi yang dikatakan yaitu melakukan pemeriksaan setiap timbangan dengan mendatangi langsung lokasi pasar tersebut. Kami harap buykan hanya dua pasar ini, tertib ukur juga harus dilakukan ditoko-toko modern,” tuturnya.
Kepala UPT Metrologi Legal Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sintang, Leli Nurbaiti menyampaian penggunaan alat ukur yang baik dan legal akan memberikan hasil pengukuran yang benar atau tepat sehingga masyarakat memperoleh barang/jasa sesuai dengan hak dan kewajibannya.
“Untuk tera, nanti ada petugas kita yang sudah kita siapkan dan latih. Kita juga akan melakukan sistem jemput bola sehingga pedagang tidak perlu meninggalkan dagangannya lebih lama karena tera akan dilakukan di Pasar baik Pasar Junjung Buih maupun Pasar Masuka,” pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here