Dinkes Resmikan Aplikasi Simonita

0
140

– Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang meresmikan aplikasi Sistem Monitoring Alat Kesehatan (Simonita)
LINTASKAPUAS I SINTANG- Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang meresmikan aplikasi Sistem Monitoring Alat Kesehatan (Simonita) di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Jumat (24/5/2019).
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh mengungkapkan Simonita ini merupakan aplikasi online berbasis web pada seluruh UPTD Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang.
“Di Kabupaten Sintang ada 20 Puskesmas yang sudah operasional dan satu RS Pratama serta juga puskesmas yang sudah dibangun namun belum operasional. Jadi, dengan adanya Simonita ini tentu sangat membantu untuk memantau Alat Kesehatan,” ujarnya
Dengan aplikasi Simonita, lanjut dr. Sinto, pihaknya bisa melakukan pemantauan sejumlah alat kesehatan mengingat banyaknya alat kesehatan yang cukup banyak tersebar.
“Adanya aplikasi ini, Puskesmas bisa melaporkan alat kesehatan secara real time dan tepat waktu, contohnya kemarin Puskesmas Kemangai yang salah satu alat kesehatannya rusak, kita langsung mendapatkan laporan dan segera mencari solusi,” tuturnya.
Meskipun demikian, dr. Sinto mengaku bahwa aplikasi ini masih banyak kekurangannya. Untuk itu, pihaknya akan berusaha untuk terus menyempurnakan aplikasi ini.
“Kita berharap aplikasi ini dapat berjalan dengan baik. Setelah disempurnakan, akan kita patenkan karena ini murni buatan Dinkes Sintang. Jika ada dari daerah lain yang mau maka akan kita bantu,” ucapnya.
dr. Sinto juga mengatakan bahwa penggunaan aplikasi Simonita belum dapat diakses oleh masyarakat luas. Akan tetapi, pihaknya akan memikirkan untuk memasukkan pesan, saran maupun keluhan dari masyarakat terkait pelayanan kesehatan.
“Karena berkaitan dengan aset, maka aplikasi ini belum bisa diakses oleh masyarakat luas. Tapi nanti setelah disempurnakan, mungkin akan kita masukkan kolom tersendiri untuk masyarakat sehingga masyarakat bisa menyampaikan keluhan terkait pelayanan kesehatan yang terganggu karena alkesnya sedang bermasalah,” katanya.
Kepala Seksi Alkes dan PKRT Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, M. Iqbal Natadipura mengungkapkan progress aplikasi Simonita ini baru terlaksana 80 hingga 90 persen sehingga masih harus lebih disempurnakan.
“Aplikasi ini pertama kalinya di Indonesia. Jadi, kita berharap aplikasi dapat sangat membantu khususnya Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dalam mendata dan memantau alat kesehatan yang ada,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here