DPRD Minta Pemda Segera Sosialisasikan Enam Perda Baru Dengan maksimal

0
138

Ketua Komisi A DPRD Sintang, Joe Santosa
LINTASKAPUAS I SINTANG- Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat daeah(DPRD) Sintang, Santosa meminta kepada pemerintah Daerah agar segera mensosialisasikan 6(enam) Peraturan Daerah(Perda) Kabupaten Sintang 2019 yang baru disahkan dengan maksimal.

“Kalau kita melihat kebelakang, selama ini penegakan Perda tidak maksimal. karena memang instansi teknis terkait tidak mensosialisasikannya dengan maksimal, ” ungkap Santosa kepada lintaskapuas.com saat di hubungi di Sekretariat DPRD Sintang kemarin.

Beranjak dari kondisi tersebut, Politisi Muda PKB ini berharap agar Enam Perda usulan dari Pemerintah Daerah Sintang yang baru disahkan agar segera disosialisasikan kepada masyarakat dengan maksimal.

“Khusus perda yang berhubungan langsung dengan masyarakat seperti
perda tentang administrasi kependudukan, perda tentang Pajak Daerah dan perda tentang retribusi jasa usaha, ” ucap Santosa.

Menurut Santosa, enam perda yang baru disahkan tersebut tidak akan bisa berjalan dengan baik dan diketahui oleh masyarakat Sintang jika tidak disosialisasikan dengan maksimal.
“Intinya, jika ingin Perda baru ini bisa berjalan dengan baik tentunya harus disosialisasikan terlebih dahulu, baru diterapkan. jangan sampai masyarakat tidak mengetahui tapi sudah ditedapkan, ” Tuturnya.

Wakil Rakyat Daerah Pemilihan Kayan Hilir-Kayan Hulu ini juga menilai bahwa selama ini Instansi Teknis gencar mensosialisasikan perda hanya terkait dengan perda yang menghasilkan uang atau Pendapatan Asli Daerah.
“Jadi, harapan kita, kedepannya swmua Perda yang sudah disahkan bisa di sosialisasikan dengan maksimal kepada masyarakat, supaya saat penerapannya masyarakat tidak terkejut, ” pungkas Santosa.

berikut Enam Perda Usulan Pemerintah Kabupaten Sintang yang baru disahkan oleh Dewan perwakilan rakyat Daerah Sintang.
1. Raperda tentang perusahaan umum PDAM Tirta Senentang.

2. Perda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Sintang Nomor 3 Tahun 2015 tentang Administrasi Kependudukan.

3. Perda tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Daerah Kabupaten Sintang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

4. Perda tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Sintang Nomor 5 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha.

5. Perda tentang Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Sintang pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Senentang Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2020-2024.

6. Perda tentang Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Sintang Pada Perseroan Terbatas Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat Tahun Anggaran 2020-2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here