DPRD Yakin Sektor Pariwisata mampu Dobrak PAD Sintang

0
40

Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward
LINTASKAPUAS I SINTANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang meminta Dinas Kepemudaan Olahraga, dan Pariwsata Kabupaten Sintang untuk gencar meningkatkan pembangunan sektor pariwisata karena diyakini mampu mendobrak Pendapatan Asli Daerah(PAD) Sintang Pasalnya saat ini secara geografis letak wilayah Bumi Senentang terdapat banyak tempat-tempat wisata yang bisa mendongkrak perekonomian.
“Sintang memiliki kekayaan dan keindahan Sumber Daya Alam di Pariwisata. Ini perlu dimanfaatkan, sehingga dengan adanya gerakan ini, sektor pariwisata diharapkan dapat membuka lapangan kerja dan juga meningkat Pendapat Akhir Daerah (PAD) tersebut,” ujar Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward, Rabu (5/6/2019).
Jeffray menuturkan ada beberapa tempat wisata yang dinilai dapat mendongkrak PAD Sintang, apabila dikelola dengan baik. Contohnya, Bukit Kelam, Go Maria Bukit Kelam, Bukit Kujau, Hutan Wisata, Museum Dara Juanti, Museum Kapuas Raya, dan Tugu Pancasila.“Ini mesti menjadi perhatian kita bersama,” kata Jeffray.
Olehkarenanya, Jeffray meminta kepada Pemkab Sintang agar memperbaiki infrastruktur seperti jalan menuju ke tempat wisata, sehingga masyarakat dari luar maupun wisata asing bisa berkunjung ke daerah Sintang yang memiliki potensi wisata yang cukup bagus.
“Kalau akses masuk enak, masyarakat pun dipastikan akan ramai berkunjung. Masalah utama kita saat ini adalah soal infrastruktur yang belum memadai,” katanya.
Selain itu, pihaknya juga mendorong ke Pemerintah agar meningkatkan partisipasi masyarakat dengan melakukan pembinaan dalam menciptakan tempat wisata yang aman, nyaman dan indah, dengan begitu akan tercipta tempat wisata yang di cintai wisatawan dan secara otomatis pertumbuhan ekonomi pun semakin menggeliat.
Begitu juga Produk-produk makanan itu harus lebih dintensifkan pemasarannya terutama di sekitar lokasi wisata. Peran pemda juga diharapkan bisa mendukung pemasaran produk-produk khas Sintang.
“Potensi ini harus dikembangkan oleh pemda dan pelaku wisata dengan menggandeng UMKM. Tentu nantinya bisa meningkatkan omzet dan membuka lapang kerja bagi masyarakat,” kata Jeffray.
Apabila pemerintah serius menggali potensi wisata di daerahnya, maka ekonomi mayarakat yang ada di daerah tersebut akan terdongkrak.
“Pemerintah harus kembali dengan menggalakan sektor pariwisata ini, sehingga warga tidak perlu repot-repot mencari pekerjaan dengan mengadu nasib keluar negeri atau datang ke ibukota, karena di daerahnya sudah ada potensi wisata yang menjadi jujugan atau tempat bagi wisata lokal maupun wisata asing, dan ini bisa dijadikan mata pencaharian bagi warga setempat, karena banyak wisata asing maupun lokal yang berdatangan di wisata tersebut,”pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here