Ekonomi Sulit, Masyarakat Dituntut Kreatif Dalam Bertindak

0
53

Agustinus Aci
LINTASKAPUAS I SINTANG – Kondisi ekonomi secara global saat mengalami ini mengalami kemerosotan yang memprihatinkan, dan sangat berdampak kepada keberlangsungan hidup masyarakat kecil. Beranjak dari kondisi tersebut Masyarakat dituntut untuk kreatif memanfaatkan situasi meski dalam keadaan sulit.
“Ditengah-tengah kondisi ekonomi kita yang serba sulit saat ini, diharapkan masyarakat kretaif dalam bertindak, “ungkap Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Agustinus Aci kepada sejumlah awak media Sintang saat ditemui diruang kerjanya belum lama ini.
Politisi Partai Demokrasi Indonesia- Perjuangan (PDI-P)ini menuturkan hanwa ekonomi kerakyatan memerlukan peran aktif dari pemerintah juga untuk mengatur agar pemanfaatan sumber daya alam yang ada untuk sebesar-besarnya kepentingan rakyat banyak. Dengan begitu akan memberikan kesempatan yang sama dalam menikmati hasil kekayaan alam yang dimiliki bersama tersebut.
Selain itu, kata dia, ada banyak keunggulan dalam memanfaatkan ekonomi kerakyatan. Seperti melindungi usaha rakyat dari persaingan ekonomi yang tidak seimbang dari segi modal, juga mampu meningkat ekonomi masyarakat nantinya. Juga akan memperkecil kesenjangan antara pemilik modal banyak dan masyarakat yang hanya mengandalkan modal sedikit.
“Kita sebagai masyarakat harus lebih aktif dan juga kreatif lagi dalam memandang peluang kedepannya. Jangan hanya bergantung kepada sesuatu hal yang belum pasti bisa mengangkat derajat ekonomi,” ujarnya, kemarin
Kelemahan ekonomi kerakyatan, tambah dia, adalah kurang diminati para pemilik modal besar karena keuntungan mereka perlu berbagi yang lebih proporsional dengan masyarakat banyak. Untuk itu perlu gerak jemput bola juga dari masyarakat sendiri.
Kemudian, ungkap dia, Pemerintah terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu dengan meningkatkan pembangunan ekonomi, pendidikan dan kesehatan.
“Saya berharap Sintang akan semakin maju, masyarakat menjadi hal utama bagi kami, dan saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama sama membangun Sintang, bekerja dengan baik, ciptakan Sintang yang bersahabat, ramah, aman dan nyaman sehingga banyak yang berinvestasi di Kabupaten Sintang,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here