Gelar Kegiatan Robo-Robo, Wabub Farhan : Kauman Akan Jadi Sentral Budaya Robo-Robo di Ketapang

0
44
Wakil Bupati Ketapang, H.Farhan saat memandikan anak-anak di kegiatan robo-robo. (Istimewa)

LINTASKAPUAS I KETAPANG, – Wakil Bupati Ketapang, H. Farhan menghadiri kegiatan Budaya Robo-Robo di Keluarahan Kauman Kecamatan Benua Kayong, Rabu, (06/10/2021).

Dalam acara tersebut H. Farhan, turut larut dalam suasana gembira sembari memberi apresiasi tinggi kepada masyarakat Ketapang khususnya masyarakat Kauman, terutama kepada panitia yang telah mempertahankan Budaya Robo-Robo di Kabupaten Ketapang.

“Saya sangat senang dan bangga sekaligus mengapresiasi budaya robo-robo ini masih dilestarikan di Kauman ini. Apalagi kita dengar tadi dari panitia, bahwa Kelurahan Kauman sudah 4 tahun berturut menyelenggarakan robo-robo ini,” ujar H. Farhan dengan penuh semangat.

Lanjut H. Farhan menjelaskan, Budaya Robo-Robo adalah budaya yang dimiliki oleh masyarakat Kalimantan Barat dari rumpun melayu, yang penyelenggaraannya selalu pada Rabu terakhir di Bulan Safar (dalam penanggalan Hijriah).

“Adapun mengapa selalu diselenggarakan pada hari Rabu terakhir di Bulan Safar, karena masyarakat melayu Kalimantan Barat mengacu pada sejarah peristiwa penting yang pernah terjadi, yang dilakukan oleh raja dan masyarakat kerajaan Matan dan Mempawah yang berada di Kalimantan Barat kala itu (1448 H/1737M),” jelasnya.

H. Farhan menambahkan, Kedepan, dirinya berjanji akan menjadikan Kauman sebagai sentral Kegiatan budaya Robo-Robo Kabupaten Ketapang yang diharapkan dapat menjadi magnet untuk destinasi wisata budaya di Kabupaten Ketapang.

“Saya harap kedepannya di Kauman ini lah yang menjadi sentral budaya Robo-Robo di Kabupaten Ketapang sedangkan di lain tempat tetap melaksanakan seperti biasanya,” tukasnya.