Gelar Pelantikan dan Bimtek, Ketua Panwascam Delta Pawan: PTPS Harus Profesional dan Jaga Integritas

0
45
Foto pembacaan sumpah janji oleh ketua panwascam delta pawan. (Agsfy)

LINTASKAPUAS I KETAPANG – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Delta Pawan resmi melantik 173 Anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang akan bertugas di 173 TPS yang ada di Kecamatan Delta Pawan. Pelantikan berlangsung di Ballroom Hotel Borneo Emerald Ketapang pada Minggu (15/11/2020).

Dalam kesempatan tersebut seluruh anggota PTPS yang sudah dilantik diingatkan untuk bekerja profesional dan memahami tugas dan kewenangannya serta menjaga Integritas.

Ketua Panwascam Delta Pawan, Theo Bernadhi saat dikonfirmasi mengatakan, selain pelantikan terhadap ratusan PTPS se-Kecamatan Delta Pawan, pihaknya juga langsung melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap anggota PTPS.

“Tadi selain pelantikan, kita juga langsung melakukan Bimtek yang mana pematerinya dari kami Panwaslu Kecamatan Delta Pawan dan juga hadir Ketua Bawaslu Kabupaten Ketapang,” katanya, Minggu (15/11).

Theo melanjutkan, dalam kesempatan pelantikan dirinya mengimbau dan mengingatkan agar seluruh pengawas TPS untuk dapat bekerja secara profesional, netral dan mengetahui tugas dan kewenangannya agar dapat maksimal dalam menjalankan pengawasan.

“Keberadaan PTPS merupakan bagian terpenting dalam hal pencegahan agar tidak ada pelanggaran atau hal-hal diluar ketentuan terjadi khususnya pada saat pemilihan nanti,” tuturnya.

Theo menambahkan, untuk menciptakan hal tersebut tentu seluruh PTPS harus memahami tugas, fungsi dan kewenangannya, dan itu menjadi tanggung jawab pihaknya dalam mengupgrade dan memberikan pemahaman kepada PTPS.

“Kami juga menyampaikan bahwa kami akan menjadi orang pertama yang membela serta menjaga seluruh PTPS dari intervensi dan intimidasi dari oknum yang tidak bertanggung jawab dan kami akan menjadi orang pertama yang memberikan teguran atau sanksi jika ada PTPS yang dengan sengaja melanggar aturan tentunya sanksinya sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya.

Theo juga mengaku pihaknya akan melakukan bimtek lanjutan yang akan dilakukan dengan membagi zona per kelurahan/desa.

“Selain buku saku panduan bekerja telah dibagikan, kami akan tetap buat Bimtek lanjutan per zona dan dijadwalkan hingga sebelum pelaksanaan di hari pemilihan berlangsung. Pesan kami seluruh PTPS harus menjaga integritas mereka juga,” tukasnya. (Agsfy)