Hore…! Pembuatan E-KTP Perdana Sekarang Gratis

0
62

Agustinus, Anggota DPRD Sintang
LINTASKAPUAS I SINTANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Sintang mengabulkan permohonan Pemerintah Kabupaten Sintang untuk menghapus Peraturan Daerah(Perda) tentang biaya pembuatan Kartu Tanda Penduduk – Elektronik(E-KTP) perdana.

“Karena ini berhubungan dengan kepentingan masyarakat banyak, permohonan yang diajukan Pemda khusus untuk pembuatan E-KTP perdana dendanya dihapus, kita setujui saja, “ungkap Ketua Pansus II DPRD Sintang, Agustinus usai mengikuti Sidang Aripurna penyampaian laporan dan Persetujuan 6 Perda yang berlangsung di ruang Sidang Utama DPRD Sintang Kemarin.

Pencabutan Peraturan Daerah(Perda) Tentang denda pembuatan E-KTP perdana tersebut diselipkan dalam sembilan Raperda yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Sintang yang terdapat pada Raperda tentang administrasi kependudukan.
Dari Raperda yang diusulkan Pemerintah Daerah Tersebut Dua diantaranya Di tunda pembahasannya, satu ditolak karwna dianggap tidak ada manfaatnya yang bisa memberikan kontribusi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah(PAD) Sintang dan enm diantaranya disetujui menjadi peraturan daerah (Perda) Sintang 2019.

Menurut Agustinus, Peraturan Daerah tentang pembuatan E-KTP khusus untuk masyarakat yang sudah berumur diatas 17 tahun sebelumnya wajib membayar denda sebesar 25 ribu rupiah.
“Dengan disetujuinya penghapusan denda pembuatan KTP perdana yang di mohonkan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang, maka khusus pembuatan KTP perdana atau masyarakat yang baru pertama kali membuat KTP gratis karena aturannya sudah dihapus, “ungkap politisi muda Partai Perindo ini kepada lintaskapuas.com kemarin.

Agustinus berharap dengan dengan ada penghapusan peraturan daerah tentang denda pembuatan KTP tersebut, pemerintah segera mengimplementasikan dan mensosialisasikannya kepada masyarakat.
“Jangan sampai nanti, Aturan sudah dicabut, tapi faktanya dilapangan, saat pembuatan E-KTP masyarakat tetap masig bayar, ” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here