Kafilah Kabupaten Mempawah Boyong Juara Umum MTQ-XXIX Tingkat Provinsi

0
216
Wakil gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menyerahkan Piala Juara Umum MTQ-XXIX Tingkat Provinsi kepada Bupati Kabupaten Mempawah

LINTASKAPUAS | SINTANG – Dewan hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- XXIX Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang berlangsung di Kabupaten Sintang, memutuskan Kabupaten Mempawah sebagai juara umum. Keputusan tersebut diumumkan dewan hakim pada malam penutupan lomba, selasa(17/12/2021) di Stadion Baning Sintang.

Dari 14 Kabupaten yang ikut berkompetisi dalam perhelatan Akbar tingkat Provinsi yang digelar sejak tanggal 12-17 Desember 2021, Kabupaten Mempawah berhasil memboyong piala Juara umum tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

Kabupaten Mempawah berhasil meraih juara umum total 83 poin. sementara yang berada di peringkat kedua ditempati Kota Pontianak dengan total 74 poin dan peringkat ketiga ditempati Kabupaten Kubu Raya dengan total 52 poin

Sementara Tuan rumah Penyelenggara MTQ Ke-XXIX Tingkat Provinsi yakin Kabupaten Sintang berada diperingkat ke empat dengan jumlah total 32 poin disusul Sanggau peringkat ke lima dengan total 31. selanjutnya Kabupaten Sambas di peringkat ke enam dengan total 23 poin.

Peringkat ke Tujuh diraih Kabupaten Ketapang dengan total 21 poin, Kabupaten Kayong Utara total 18 poin dan Kabupaten Kapuas Hulu 15 Poin dan terakhir Kabupaten Bengkayang 12 Poin.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kalbar Brigjen Pol (Purn) Andi Musa menyampaikan bahwa Semua Kabupaten – Kota se-kalimantan Barat telah mengikuti kompetisi yang terbagi dalam tujuh cabang dari 22 golongan Putra – putri sehingga jika diakumulasikan terdapat 44 golongan yang diperlombakan selama kegiatan MTQ Ke-XXIX Tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

“Dari masing-masing golongan yang diperlombakan, sesuai dengan Keputusan Dewan Hakim ditetapkan pemenang juara 1-3 dari masing-masing Golongan dan akan mendapatkan hadiah berupa Tropy dan uang pembinaan “ucapnya.

Andi Musa juga mengatakan bahwa Pemenang juara satu MTQ-XXIX Tingkat Provinsi akan Akan menjadi perwakilan untuk mengikuti MTQ tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Sementara, Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya MTQ Ke-XXIX Tingkat Provinsi Kalimantan Barat untuk mempelajari, memahami dan mencintai kitab suci Al-Qur’an

“Hari penutupan MTQ-XXIX Tingkat Provinsi ini merupakan momentum bagi kita untuk saling menghilangkan aroma persaingan dan kembali kepada kita sebagai insan Nurani yang sangat menjunjung tinggi Ukuwah dan persaudaraan, ” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ria Norsan juga menyampaikan ucapan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan MTQ-XXIX Tingkat Provinsi berjalan lancar dan sukses hingga selesai.