Kriminalitas Tinggi Karena Kemerosotan Moral

0
1140
Ilustrasi..
Ilustrasi

LINTASKAPUAS.COM, SINTANG -Meningkatnya kasus kriminalitas dewasa ini disebakan karena merosotnya nilai moral pada setiap diri manusia. Kemerosotan moral tersebut mesti mendapat perhatian yang serius dari sejumlah elemen masyarakat khususnya yang ada dikabupaten Sintang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sintang Abdul Aziz saat menggelar diskusi bersama dengan anggota Himpunan Mahasiswa Islam(HMI) Cabang Sintang bertempat di jalan YC Oevang Oeray Desa Baning kota Sintang kemarin..

“Persoalan kemerosotan moral ini telah menjadikan bangsa Indonesia kehilangan jati dirinya sebagai bangsa yang berbudaya luhur. Persoalan korupsi, criminal,pencabulan seolah-olah telah menjadi hal yang biasa di negeri ini,” Kata Abdul Aziz.

Semestiya sudah saatnya semua pihak baik itu pemerintah, aparat penegak hukum,masyarakat, dan dunia pendidikan menyatukan persepsi dan tindakan bahwa persoalan ini harus segera di presur sekuat mungkin   agar tidak terus berkembang yang ujung-ujungnya akan menghancurkan bangsa di kemudian hari

“Semua pihak saya kira prihatin dengan persoalan degradasi moral khususnyagenerasi muda saat ini, langkah sederhana yang dapat kita lakukan khususnya bagi umatislam salah satunya adalah dengan kembali mengaktifkan masjid sebagai sarana pembinaan umat,” kata dia.

Sebab yang terjadi saat ini bahwa masjid hanya dijadikan sebagaitempat menjalin hubungan vertikal manusia kepada tuhanya seperti sholat, zikir, dan i’tikafsaja, namu lebih dari itu masjid belum diberdayakan secara optimal untuk membina umatsekelilingnya.

Ditambahkan oleh Abdul Aziz bahwa HMI sebagai organisasi mahasiswa Islam sudah selayaknya menjadi pionir dalam membina generai muda dengan menjujung tingginilai-nilai keislaman yang tentunya juga sebagai landasan pokok dan azas dari organisasi HMI.

“Kesimpulannya adalah jika kita merasa prihatin dengan persolan kemerosotan moralgenerasi muda, mulai sekarang juga kita harus melakukan action, karena sudah begitu banyakdiskusi atau seminar-seminar yang membahas masalah ini tapi tidak juga berdampak jelasterhadap kemeerosotan moral. Mulai dari diri sendiri, mulai dari hal-hal kecil, dan mulai darisaat ini juga,”pungkasnya.(Hery Lingga)