Lasarus: Provinsi Kapuas Raya Segera Terwujud

0
992
Ketua DPR -RI, Lasarus Saat meninjau Infrastruktur Pendukung Pemekaran Provinsi Kapuas Raya
Ketua DPR -RI, Lasarus Saat meninjau Infrastruktur Pendukung Pemekaran Provinsi Kapuas Raya

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Ketua Komisi V DPR-RI, Lasarus mengatakan proses pemekaran provinsi Kapuas Raya(PKR) saat ini tidak ada kendala yang berarti lagi sehingga dalam waktu dekat pemekaran tersebut akan segera terwujud.

“Sebenarnya Provinsi Kapuas Raya ini lebih duluan Mekar dari Propinsi Kalimantan utara. Namun, karena ada kendala di internal pemerintah provinsi. Namun. Usulan sudah masuk semua. Masalah pemberkasan, saya masih ingat bahwa yang pertama sekali mengajukan berkas tersebut adalah almarhum, Mantan Gubernur kalbar, Bapak Usman Jafar, “ucap Lasarus.

Berdasarkan kesepakatan bersama dari lima kabupaten yang ikut tergabung dalam Provinsi Kapuas Raya bahwa kabupaten Sintang akan menjadi ibu kota Provinsi. “untuk ibu kota provinsi, sudah ada surat  pernyataan dari DPRD lima kabupaten dan lima Bupati sudah sepakat jika ibu kota provinsi provinsi, “ujarnya.

Ia juga mengatakan jika infrastrukur pendukung Pembentukan Provinsi Kapuas Raya(PKR) yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah kabupaten menurutnya sudah siap. “kalau untuk fasilitas pendukung menurut saya sudah siap hanya saja kondisi jalannya yang masih kurang memadai khususnya untuk jalan akses menuju jalan perbatasan.

Jadi, lanjut Lasarus, sangat ironis jika Provinsi Kapuas Raya sudah mekar namun jalan akses menuju perbatasan tidak ada dan tidak memiliki status jalan, oleh sebab itu kami dari wakil Rakyat akan segera melakukan diskusi terkait dengan status jalan ini, “ubernya.

Lasarus juga mengaku optimis, jika status jalan menuju perbatasan tersebut sudah memiliki status jalan menjadi strategis nasional maka secara-perlahan-lahan kucuran dana APBN untuk pembangunan jalan tersebut akan terealisasi. “jika jalan perbatasan ini sudah berstatus jalan strategis nasional maka secara otomatis akan menjadi prioritas, “ujarnya.