Masyarakat Jangan Panik dengan Viralnya Virus Corona

0
94

Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang Gelar Press release terkait Viralnya Virus Corona di pemberitaan dan media sosial
LINTASKAPUAS I SINTANG – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sintang agar tidak panik dan khawatir dengan Viralnya informasi penyebaran virus Corona disejumlah pemberitaan media dan media sosial belakangan ini.

“Terkait beredarnya informasi adanya warga meninggal dunia akibat virus Corona di Kalimantan barat yang beradar Dimedia Sosial itu tidak benar, itu berita HOAX, ” ungkap Sinto saat menggelar press release di Aula Dinas kesehatan Sintang, Senin(27/1/2020)

Sinto menegaskan bahwa penyebaran Virus Corona di Indonesia belum ada ditemukan. “Hingga saat ini kita telus melakukan koordinasi dan belum ada satupun terindikasi terinfeksi virus Corona di Indonesia oleh sebab itu masyarakat kita minta jangan panik, “ucapnya.

Kadinkes juga menyampaikan bahwa Kementerian kesehatan sudah menetapkan tiga rumah sakit sebagai Rumah sakit rujukan Di Kalimantan barat apabila ada masyarakat yang terindikasi terjangkit Virus Corona yakni Rumah sakit Abdul Azis Singkawang, Rumah sakit Sudarso Pontianak, dan rumah sakit Ade M Djoen Sintang.

“Meski belum ada ditemukan terjangkit Virus Corona tapi kita sudah mengintruksikan seluruh Puskesmas yang ada Di Kabupaten Sintang agar rutin melakukan monitor dilapangkan khususnya untuk Puskesmas yang ada di wilayah perbatasan agar tetap waspada mengingat diwilayah tersebut berdekatan dengan negara tetangga, ” tegas Sinto.

Sementara Perwakilan Ikatan Dokter Indonesia(IDI) Sintang, dr. Yusuf menyampaikan bahwa Virus Corona hampir mirip dengan virus SARS, hanya saja untuk penyebarannya tidak sam. ” virus ini hampir mirip hanya saja penyebarannya berbeda, “Ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa gejala utama Inveksi virus Corona antara lain Demam, Batuk, mengalami kesulitan saat bernafas dan kasus parahnya Inveksi virus ini dapat menyebabkan Pneumonia, gagal Ginjal hingga kematian.

dr. Yusuf menyampaikan ada beberapa cara upaya untuk mencegah terjangkitnya virus Corona tersebut yakni dengan membudayakan hidup bersih, rutin mencuci tangan setelah beraktifitas.
“jika terjangkit Flu dan batuk, diharapkan jangan lupa etika dengan cara menutup menggunakan kain atau tissu agar tidak terjangkit kepada orang lain dan jika ada masyarakat mengetahui ada orang mengalami pneunomia akut agar segera melaporkannya terutama pendatang baru

Intinya, lanjut Yusuf, masyarakat tidak perlu takut dan khawatir dengan virus Corona tersebut, karena jika kita tetap menjaga pola hidup sehat, menjaga daya tahan tubuh, dipastikan virus tersebut tak akan terjangkit, Pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here