Masyarakat Menyambut Hangat Program TMMD 104

0
44

LINTASKAPUAS I SANGGAU – Masyarakat Kalimantan Barat menyambut hangat dengan diselenggarakannya Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 oleh Kodam XII/Tpr yang dipusatkan di Kabupaten Sanggau dan Labupaten Landak.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua Adat Desa Semayang Bapak Matius Sanen saat pelaksanaan pra-TMMD Kodim 1204/Sgu, dirinya senang dan bersyukur dengan adanya TMMD yang masuk tiga desa di kecamatan Kembayan.
Dengan dilaksanakannya TMMD ke-104 dengan sasaran fisik berupa perbaikan jalan,dirinya berharap dapat mempermudah dan memperlancar kegiatan masyarakat untuk mengangkut hasil bumi. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat Desa Semayang. “Kami seluruh warga Desa Semayang siap mendampingi dan membantu dalam pelaksanaan TMMD kali ini,” ujar Matius Sanen.

Hal senada juga disampaika. oleh Slamet (43), salah satu petani buah naga di Desa Kelampangan Mesik, dirinya sangat bahagia dengan adanya program TMMD dengan sasaran fisik berupa pembukaan jalan. Dengan dibukanya jalan tersebut akan memudahkan para petani buah naga di Desa Kelampangan Mesik saat musim panen. Sebelumnya para petani buah naga harus mengupah para pemikul untuk memanen buahnya. “Dengan dibukanya jalan ini tentu akan meningkatkan kesejahteraan petani, adanya jalan akan mengurangi pengeluaran biaya saat panen yang tentunya akan menambah pendapatan petani,” tukasnya.

Sebagaimana disampaikan oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi, bahwa Pemda Kabuapten Sanggau mendukung penuh program TMMD karena program yang digelar oleh TNI AD ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yang tertuang dalam seven brand images yaitu Sanggau maju infrastruktur. Untuk itu Bupati berharap kepada masyarakat untuk mendukung penuh pelaksanaan program TMMD diwilayahnya.

Sementara Wakil Bupati Landak Herculanus Heriadi sangat mendukung upaya Kodam XII/Tpr membantu Pemda Kab. Landak untuk membangun wilayah Landak melalui TMMD.
Wakil Bupati Landak mengatakan TMMD merupakan program lintas sektoral yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan khususnya daerah tertinggal dan terisolir.
Melalui TMMD diharapkan dapat memperlancar pendistribusian barang dan jasa ke daerah pedalaman. Menurutnya juga, TMMD mendorong masyarakat untuk membangun wilayahnya.
“Hal ini sangat selaras dengan program dari Gubernur Kalbar yaitu menciptakan desa-desa mandiri di wilayah Kalimantan Barat, “pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here