Nanga Kiungkang Wakili Lomba Kecamatan Sayang Ibu Tingkat Provinsi

0
766
Pembekalan Peserta Sekadau lomba sayang ibu tingkat Sekadau
Pembekalan Peserta Sekadau lomba sayang ibu tingkat Sekadau

LINTASKAPUAS.COM – SEKADAU, Desa Nanga Kiungkang didaulat sebagai Desa perwakilan penilaian lomba  program kecamatan sayang ibu ( KSI ) mewakili kabupaten Sekadau sebagai sample penilaian tingkat provinsi kalimantan barat yang bertempat di pondok sayang ibu nanga kiungkang, Kamis 11/8.

Sebelumnya pemerintah kecamatan nanga taman menunjuk  desa pantok, karena belum ada kesiapan sehingga dalam waktu dua minggu persiapan dialihkan ke desa nanga kiungkang.

Dalam sambutannya, Muhamdi kades nanga kiungkang menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada pemerintah daerah yang telah mempercayai desa nanga kiungkang untuk mewakili pemkab sebagai sample penilaian dalam lomba kecamatan sayang ibu ( KSI ) tahun 2016.

” Sebagai bentuk peran aktif, desa nanga kiungkang melakukan persiapan diri sebagai desa siaga “. Ucapnya kamis 11/8/16.

Selain itu, dalam program kerjanya melalui APBDes TA. 2015/16 telah menganggarkan dana kesehatan melalui program stop buang air sembarangan dengan pengadaan jamban bagi masyarakat miskin sebesar Rp. 87.800.000.

Dalam menyikapi radikalisasi, pemerintahan desa bekerjasama dengan Koramil kecamatan nanga taman terus menggalakkan dan mensosialisasikan upaya hidup sehat melalui program jamban keluarga untuk janda.

Dikatakannya pula, pemerintah desa juga telah melaksanakan peraturan dalam himbauan bagi aparatur desa untuk tidak merokok didalam kantor serta kepada masyarakat untuk tidak merokok didalam rumah apabila ada bagian dari keluarganya yang hamil.

Ia juga mengatakan, sesuai anjuran pemerintah daerah dan pusat untuk menjaga serta melestarikan alam dan lingkungan. Desa nanga kiungkang telah menerbitkan peraturan adat ( Perdat ) 22 februari 2015 yang berbunyi melarang dengan tegas masyarakat menyetrum, menuba baik dengan tuba alam dan atau tuba racun. Bagi yang melanggar akan dihukum dengan adat.

” itu semua kita lakukan demi terwujudnya desa yang sehat, cerdas dan kreatif diakhir 2019 nanti ” pungkasnya. ( Hermanto )

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here