Peduli Kabut Asap, Jurnalis & All KPA Sintang Bagikan 1.000 Masker

0
158

Ketua Ikatan Jurnalis Sintang Pasangkan masker untuk masyarakat pengguna jala
LINTASKAPUAS I SINTANG -Sebagai bentuk Kepedulian terhadap bencana kabut asap, Keluarga besar Ikatan Jurnalis Sintang(IJS) bersama Dengan Sejumlah Komunitas Pencinta Alam(KPA) Sintang bagikan 1000 masker kepada masyarakat Sintang.

Bakti Sosial pembagian Masker Gratis tersebut dilaksanakan di Lampu Merah Simpang 4 Polres Sintang dan Di Wilayah Tugu Adipura Simpang 5 Sintang, kamis(19/9/2019)

Bakti Sosial Pembagian Masker Gratis tersebut diikuti 50 relawan dan mendapat respon positif dari masyarakat khususnya pengguna jalan raya. terbukti dalam jangka waktu 30 menit 1000 masker Sudah habis terbagikan.

Ketua Ikatan Jurnalis Sintang, Hery Lingga menyampaikan bahwa bakti sosial pembagian Masker Gratis untuk Masyarakat Sintang tersebut sebagai bentuk kepedulian akan dampak buruk yang ditimbulkan kabut asap yang melanda Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Sintang Saat ini.
“Ternyata 1000 lembar masker yang kita bagikan tidak banyak, dalam jangka waktu 30 menit, masker yang kita bagikan sudah habis, “ucap Lingga
Ia juga mengatakan pembagian 1000 Masker tersebut merupakan gerakan sosial untuk memberikan Edukasi kepada masyarakat agar peduli serta menjaga kesehatan disaat kondisi udara sangat tidak sehat akibat Kabut asap yang melanda.
“Saat kondisi udara tidak saat sperti ini, kita sarankan kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas diluar karena akan berdampak buruk terhadap kesehatan terutama penderita penyakit tertentu serta anak – anak, ” Sarannya.
Kalaupun harus keluar rumah, lanjut Hery, hendaklah menggunakan masker dan kaca mata dan jangan lupa perbanyak minum air putih, ” pungkasnya.

Terpisah, Ketua Komunitas Pendaki Kalimantan Cabang Sintang, Daniel berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sintang agar berhenti sementara melakukan pembakaran selama musim kemarau saat ini berlangsung.
“Paling tidak jangan membakar sampah yang berdampak bertambahnya polusi kabut Asap. mari kita jaga dan lestarikan lingkungan disekitar kita, ” ajak Daniel
Dalam Kesempatan tersebut Daniel juga meminta kepada Aparat Penegak Hukum agar serius menindak tegas oknum- oknum yang sengaja melakukan pembakaran lahan gambut di Kabupaten Sintang.
“Paling tidak kami menunggu kepastian hukum terhadap 15 Perusahaan yang sudah dilakukan penyegelan karena sudah terduga melakukan tindak pidana Karhutla di wilayah Konsesinya. karena selama ini yang menjadi tumbal atas kebakaran hutan dan lahan selalu masyarakat, “tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here