Pembukaan MTQ Kalbar ke 29 Diwarnai Dengan Tari Kolosal & Teknologi Lighting Akan Meriahkan

0
108
Panitia pelaksana MTQ Kalbar ke 29 gelar rapat bersama persiapan pembukaan bertempat di rumah Adat Melayu tapak Sireh Sintang

LINTASKAPUAS | SINTANG –
Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) telah bertahun-tahun di laksanakan secara berjenjang perkembangannya setiap tahun menunjukkan peningkatan, baik dalam cabang maupun golongannya. Sejak MTQ Nasional 1 Tahun 1968 sampai saat ini cabang dan golongan yang di musabaqoh kan terus berkembang.
Lebih dari itu MTQ diarahkan sebagai salah satu sarana untuk mewujudkan pengamalan dan pemahaman Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu aspek aspek yang mempunyai tujuan ke arah tersebut di musabaqahkan dalam MTQ, seperti membaca, menghafal, menulis, menafsirkan dan menyampaikan tuntunan Al Qur’an. Pelaksanaannya diwujudkan dalam cabang-cabang Musabaqah, yaitu : Tilawah Al Qur’an, Hifzh Al Qur’an, Tafsir Al Qur’an, Fahm Al Qur’an, Syarh Al Qur’an, Khath Al Qur’an dan Tartil Al Qur’an dan menulis isi kandungan Al-Qur’an.
Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX tahun 2021 tingkat Provinsi Kalimantan Barat akan diadakan di Kabupaten Sintang. Panitia Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX tahun 2021 tingkat Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan rapat lintas seksi dalam kepanitiaan yang dilaksanakan pada Rabu, 20 Oktober 2021 di Sekretariat Panitia MTQ Kalbar di Rumah Melayu Tepak Sireh Sintang.

Pada rapat yang dipimpin oleh Ketua I yang juga Asisten Sekretariat Daerah Pemerintahan Kabupaten Sintang, Syarief Yasser Arafat tersebut mulai dibicarakan pemantapan persiapan pembukaan hingga penutupan MTQ di yang direncanakan dipusatkan di Stadion Baning Sintang.

Sekretaris Umum Panitia MTQ XXIX Kurniawan mengatakan rapat yang dilaksanakan panitia cukup detail mulai dari persiapan pembukaan hingga penutupan.
“penyelenggaraan pembukaan diharapkan dihadiri Gubernur Kalbar H. Sutarmidji. Dalam acara pembukaan dihadiri seluruh kafilah dari 14 kabupaten kota se Kalimantan Barat sebab nantinya akan ada defile, dan penampilan tari kolosal multi etik kalbar yang memadukan tarian dengan teknologi lighting multimedia,” ungkap Kurniawan.

“saat pembukaan juga akan ada penampilan Qori terbaik Kalimantan Barat dan pembukaan akan ditandai dengan pemukulan beduk oleh Gubernur Kalimantan Barat.

“rapat kali ini melibatkan seluruh seksi yang ada dan meminta masukan rancangan pembukaan MTQ dengan meriah namun tetap menaati protrokol kesehatan,” tambah Kurniawan.

Pembukaan ini, lanjut Kurniawan menjadi momentum penting untuk memperkenalkan Sintang dan kemeriahan MTQ sebab ini hanya berlangsung 21 tahun sekali di Sintang, bila sebelumnya tarian masal ini sempat akan dihilangkan namun panitia memepertimbangkan tetap akan dilaksanakan.

“mudah mudahan bulan depan kita sudah masuk level 1 PPKM atau zona hijau sehingga pelaksanaan dapat berjalan sesuai rencana,’ tutupnya.