Pemerintah Ringankan Beban Ekonomi Masyarakat Selama Ramadhan

0
115

penyerahan sembako murah oleh Bupati Sintang kepada Masyarakat Sintang
LINTASKAPUAS I SINTANG – Demi meringankan beban ekonomi masyarakat selama bulan suci ramadhan 1440 hijirah terutama dengan adanya kenaikan harga Sembilan bahan Pokok, Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menggelar operasi pasar di Pasar Rakyat Kapuas Raya, Kelurahan Menyumbang Tengah, Senin (13/5/2019).
Bupati Sintang, Jarot Winarno mengungkapkan operasi pasar ini digelar untuk membantu warga masyarakat memenuhi kebutuhan selama bulan suci Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah.
“Sejumlah harga Barang Kebutuhan Pokok dan Penting ada mengalami kenaikan harga terutama harga daging ayam dan daging sapi. Operasi pasar ini kita harapkan dapat membantu warga masyarakat,” ujarnya.
Bupati Sintang mengatakan bahwa pada operasi pasar kali ini, Pemerintah Kabupaten Sintang memberikan subsidi kepada ayam beku sebesar Rp. 3.000,- per kilogram dan daging sapi beku Rp. 6.000,- per kilogram.
“Dua tahun lalu, daging beku masih tidak banyak yang mau konsumsinya, namun sekarang sudah mulai diminati terlebih harga daging memang cukup tinggi yaitu Rp. 145.000,- per kilogram,” ucapnya.
Bupati Sintang juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sintang akan menggelar Operasi Pasar khusus daging.
“Dua hari menjelang hari raya, kita akan menggelar Operasi Pasar khusus untuk daging. Ini kita lakukan agar warga masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah,” tuturnya.
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Sintang, Sudirman mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan operasi pasar ini di sepuluh daerah yang ada di Kabupaten Sintang.
“Yang pertama di Kelurahan Menyumbang Tengah. Tanggal 16 Mei mendatang, kita akan menggelar di Manis Raya, Kecamatan Sepauk. Tanggal 17 Mei, di Kelurahan Batu Lalau. Tanggal 18 Mei di Desa Mekar Jaya. Tanggal 20 Mei di Desa Maut Hilir. Tanggal 21 Mei di Desa Kajang Baru, Kecamatan Sungai Tebelian. Tanggal 23 Mei, Desa Lundang Baru, Kecamatan Dedai. Tanggal 25 Mei di Desa Tertung. Tanggal 27 Mei di Desa Mungguk Bantok. Dan terakhir tanggal 29 Mei di Kelurahan Kapuas Kanan Hulu,” jelasnya.
Sudirman mengatakan bahwa operasi pasar ini bekerja sama dengan Perum Bulog Subdivre Sintang dan Pertamina melalui SPBE.
“Dari Pertamina kita bekerja sama melalui SPBE untuk menghadirkan LPG 3 kilogram sesuai HET (Harga Eceran Tertinggi) dan untuk Perum Bulog Subdivre Sintang menyediakan beras dan daging beku, “ucapnya.
Sudirman menambahkan bahwa pasar murah ini diadakan pada masa Ramadhan dan menjelang idul Fitri 1440 H supaya harga-harga dapat terkendali. Kegiatan pasar murah hari ini akan menyediakan 16 komoditi. Mulai dari beras minyak goreng gula pasir telur termasuk sirup dan margarin. Juga daging ayam dan daging sapi beku.
“kami ingin memberikan kemudahan kepada bapak ibu masyarakat untuk memperoleh kebutuhan-kebutuhan pokok dengan harga yang juga terjangkau selama bulan Ramadan dan selama hari raya idulfitri ini,” kata Sudirman. “kami mengadakan ini di daerah-daerah pinggiran dan di Kecamatan sepauk, Sungai tebelian dan Dedai, “pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here