Pemkab Akan Evaluasi Perusahaan Perkebunan di Sintang

0
93

LINTASKAPUAS I SINTANG – Pemerintah Kabupaten Sintang akan segera melakukan evaluasi terhadap 47 Perusahaan perkebunan yang berinvestasi di Kabupaten Sintang.

Di Kabupaten Sintang ini terdapat 47 Perkebunan Sawit. dipastikan masalah dilapangan tentu ada terjadi. terutama masalah luasan lahan yang digarap dengan izin yang dimiliki akan kita evaluasi lagi, ” ungkap Wakil Bupati Sintang, Askiman. MM saat menggelar dialog tentang pembangunan perkebunan sawit berkelanjutan di Balai Pegodai kompleks rumah wakil Bupati Sintang, jumat(11/1/2019)
Ia mengatakan jika dari hasil evaluasi tersebut terdapat sejumlah lahan yang sudah diberikan izin namun tidak digarap agar segera dikembalikan kepada masyarakat karena jika tidak digarap masuk dalam kategori penelantaran lahan.
“Saat ini, banyak perusahaan bisa menanam tetapi tidak ada pabrik. Ada penambahan lahan tetapi kapasitas pabrik tidak ditambah. Pasar luar negeri khususnya eropa sekarang sudah mulai melihat dampak lingkungan perkebunan kelapa sawit” jelas Askiman
Dalam kesempatan tersebut, Askiman juga meminta kepada perusahaan agar serius membantu masyarakat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan investasi perkebunan.
“Kondisi sosial masyarakat harus menjadi perhatian oleh perkebunan, ” harapnya.
ia juga mempertanyakan masalah pemindahan tangan pemilik perusahaan pada beberapa perkebunan yang selama ini tidak melibatkan pemerintah. “Pemda seharusnya ikut campur mengawasi pemindahan tangan pemilik perusahaan. Karena biasanya kebijakan perusahaan juga akan berubah” terang Askiman.
Selain itu, Askiman juga menyampaikan kepada pihak perusahaan agar memperhatikan jarak tanam dengan pinggiran sungai dan sumber air. Saya melihat ini belum ideal. Saya juga tidak mau mendengar kalau perusahaan hanya pelihara jalan kebun inti sementara jalan kebun plasma dibiarkan. Persoalan-persoalan sosial muncul kalau masyarakat tidak diperhatikan oleh pihak perusahaan. Konsep Kabupaten Lestari memerlukan komitmen semua pihak. Ini konsep baik yang harus kita perhatikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here