Pemkab Tetapkan Tanggap Darurat Bencana Karhutla Sintang

0
69

Bupati Sintang Jarot Winarno gelar Konferensi Pers penetapan Gawat Darurat Karhutla Sintang
LINTASKAPUAS I SINTANG, Akibat semakin Pekatnya Kabut Asap, Pemerintah Kabupaten Sintang menetapkan status tanggap darurat kebakarab hutan dalan lahan(Karhutla) Sintang.

Penetapan status Tanggap Darurat Karhutla Sintang tersebut berdasarkan pertimbangan hasil analisis ISPU yang menunjukan status ‘Sangat Tidak Sehat.
“Pertimbangan lainnya, jumlah titik hospot api masih banyak dan hingga saat ini masih berlanjut, ditambah keluhan kesehatan dari masyarakat akibat kabut asap meningkat serta, meningkatkan efektifitas pencegahan dan meminimalisir dampak bencana kabut asap yang diakibatkan oleh karhutla, ” ungkap Bupati Sintang, Jarot Winarno saat menggelar Konferensi Pers diruang kerjanya kemarin.
Ia mengatakan Status Tanggap Darurat tersebut akan berlangsung selama 15 hari kedepannya. ” status ini kita tetapkan selama 15 hari kedepannya dan Satgas penanganan kabut asap dipimpin langsung Sekda Sintang dengan melibatkan SKPD dan instansi vertikal. Nanti akan dikoordinir oleh incident commander Dandim 1205/Stg ditopang sepenuhnya oleh Polres Sintang,”jelasnya.

Jarot Winarno menuturkan bahwa Pemerintah Serta Instansi terkait sudah bekerja dengan maksimal dalam meminimalisir Karhutla yang terjadi di Kabupaten Sintang, hanya saja belum bisa maksimal karena beberapa kendala yang dihadapi dilapangan.

“Sebagai contoh kondisi diwilayah Serawai tepatnya di Pegunungan Muler yang berbatasan langsung dengan Kalimantan Tengah, kendala disana kita kesulitan mendapatkan sumber air serta jarak tempuh serta medan jalan menuju kesana sangat sulit, ” ucap Jarot.
Jarot Winarno berharap semua pihak dapat bekerja sama dalam meminimalisir dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di daerahnya. Hal itu mengingat banyaknya peristiwa kebakaran hutan dan lahan yang masih terjadi namun sulit diatasi karena lokasi yang sulit dicapai oleh petugas.

“Hari Senin akan kita kumpulkan semua Kades untuk membahas karhutla. Kita akan menanyakan apa saja yang menyebabkan permasalahan karhutla masih saja terjadi di Kabupaten Sintang ini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here