Peningkatan Kinerja PKK Harus Selaras Dengan Program Pemerintah

0
70

Wakil Bupati Sintang, Askiman membuka secata resmi Rakor ko8
LINTASKAPUAS I SINTANG huSINTANG. Wakil Bupati Sintang, Drs. Askiman, MM mengatakan bahwa program kerja pokok Tim Penggerak PKK Sekabupaten Sintang sudah mendukun program Kerja Pemerintah sehingga harus ditingkatkan.
” Akan tetapi peningkatannya harus selaras dengan program kerja Pemerintah. ” ungkap Askiman saat membuka rapat koordinasi (Rakor) Tim Penggerak PKK kecamatan se-kabupaten Sintang tahun 2019 di Balai Pegodai kompleks rumah dinas Wakil Bupati Sintang, Rabu (02/10/2019).

Menurut Askiman, Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang hendak menginisiasi perlombaan implementasi 10 pokok program PKK antar kecamatan ditingkat kabupaten. Semangat gotong royong, kesejahteraan, ketahanan pangan sebagai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan tata laksana para pengurus PKK.

Askiman juga mengatakan ada banyak kendala dalam proses pelaksanaan program kerja PKK namun ada banyak solusi yang ada di sekitar.

“Dalam hal pendidikan, kita tidak perlu harus semua orang sekolah tinggi, pengetahuan juga tidak selalu harus datang dari pelatihan dan pendidikan non formal namun dari kumpulan pengalaman hidup sehari-hari,” kata Askiman. “Kita hanya perlu duduk bersama untuk sharing pengalaman dari yang senior kepada yang junior khususnya dalam organisasi PKK,” tambahnya.

Askima juga menghibau kepada seluruh pengurus tim penggerak PKK agar memperhatikan hal-hal kecil yang terjadi dilingkungan masing-masing. Ia memberikan berbagai contoh yang ditemuinya pada saat kunjungan kerja ke desa-desa.

Rakor kali ini mengusung tema, ‘tingkatkan kinerja gerakan PKK selaras program pemerintah’. Rakor ini menginginkan adanya peningkatan komitmen pengurus dalam mewujudkan program kerja TP PKK disemua tingkat kepengurusan.

Ketua panitia rakor, Siti Masitah menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menindaklanjuti rakor tingkat provinsi yang sudah disampaikan beberapa bulan lalu.

Rapat ini juga dilakukan untuk mensinergikan kegiatan PKK dengan program pemerintah daerah. Peserta rapat 60 orang terdiri dari ketua dan sekretaris tim penggerak PKK dari masing-masing kecamatan ditambah beberapa perwakilan dari TP PKK desa.

“Kegiatan ini juga mendatangkan narasumber dari BKKBN provinsi Kalimantan Barat,” pungkas Siti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here