Polres Sintang Segel Lahan Konsesi PT Jake Sarana Sepauk

0
691

Polres Sintang, Segel Lahan Konsesi PT Jake Sarana wilayah Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang
LINTASKAPUAS I SINTANG – Pekatnya Kabut Asap yang menyelimuti Provinsi Kalimantan Barat Khususnya Kabupaten Sintang, menjadi perhatian Serius dari Aparat Kepolisian Resort Sintang karena kuat dugaan kabut asap terjadi karena ada unsur kesengajaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab membuka lahan dengan cara membakar.
Beranjak dari kondisi tersebut Kapolres Sintang, AKBP Adhe Haryadi didampingi Anggota Kodim 1205 Sintang langsung melakukan pengecekan titik hotspot yang berlokasi diwilayah Konsesi lahan perkebunan PT. Jake Sarana Dsn. Ensibau Libau Desa Nanga Libau Kec. Sepauk Kab. Sintang kemarin.
Dalam peninjauan titik hospot api ke lahan Konsesi Perusahaan tersebut, ditemukan dugaan melakukan pelanggaran pidana karena telah terjadi kebakaran di dalam wilayah konsesi perusahaan tersebut. Sehingga, tim langsung melakukan penyegelan dengan pemasangan tanda pelarangan Aktivitas diatas lahan tersebut
Larangan tersebut berbunyi “Perhatian Areal Ini Dalam Proses Penyelidikan Unit Iii Tipidter Sat Reskrim Polres Sintang” yang artinya areal yang masuk kedalam tanda pelarangan ini tidak boleh digunakan dahulu untuk aktifitas berladang atau sejenisnya karena masih dilakukan penyelidikan terhadap tersangka pembakaran lahan di area ini.
Tindakan tersebut merupakan peringatan keras kepada oknum-oknum tertentu baik itu dari masyarakat maupun perusahaan-perusahaan tertentu yang masih saja berulah, bahwasanya jika tertangkap tangan maka sanksi akan diberlakukan sesuai pasal yang ada. Dalam penyegelan tersebut Aparat perusahaan juga sudah dimintai keterangan.
Dengan tingkat pencemaran udara yang sudah memasuki kategori “sangat tidak sehat”, Kapolres Sintang menghimbau kepada seluruh warga khususnya di Kab. Sintang jika akan beraktifitas diluar rumah sehendaknya gunakanlah masker untuk menghindari terpapar kabut asap yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan.