Produksi Madu Kapuas Hulu Capai 100 ton

0
928
Bupati Kapuas Hulu A.M Nasir saat melihat berbagai kemasan madu alam
Bupati Kapuas Hulu A.M Nasir saat melihat berbagai kemasan madu alam

LINTASKAPUAS.COM,KAPUAS HULU-Usaha pemkab kapuas hulu dalam mendorong produktivitas dan mempromosikan HHBK unggulan seperti madu dan enaka jenis produk unggulan lainnya di wilayah kapuas hulu tergolong gesit. Dalam berbagai kegiatan baik tingkat provinsi maupun pusat selalu disampaikan berbagai potensi yang ada. Seperti potensi ikan air tawar, gaharu dan keratom yang mungkin tak ada di temukan di daerah lain.

“Kami sudah memproses ijin angkutan madu alam asal kabupaten kapuas hulu untuk kepentingan ekspor, seperti yang di inginkan Pemkab Kapuas Hulu,” tutur Wiratno, Dirut Bina Perhutanan Sosial, kementerian lingkungan hidup dan kehutanan Republik Indonesia.

Dikatakan Wiratno, pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan pro rakyat yang berpeluang untuk pengembangan madu. Antaranya kebijakan 30 persen sebagian kawasan hutan dapat dikelola masyarakat layaknya hutan desa. “Jadi kawasan ini bisa untuk pembangunan ekonomi masyarakat, termasuk madu, serta kegiatan lainnya yang bisa dikelola langsung oleh masyarakat,” jelas Wiratno.

Pada kesempatan yang sama Bupati A.M Nasir menuturkan Kapuas Hulu mempunyai SDA yang luar biasa, salah satunya Madu. Untuk produksi madu kapuas hulu di tahun 2014 ini mencapai 100 ton. “Pengembangan usaha madu ini sudah dikoordinasi dengan pemerintah pusat, kekurangan dan kelemahannya. Masyarakat juga sudah mengelola usaha secara lestari dan sesuai aturan,” jelasnya.

Pengelolaan madu di Kapuas Hulu sudah berjalan dengan baik. Hendaknya kedepan pengolahan madu bisa dikembangkan ke kawasan TNBK, karena selama ini hanya di daerah TNDS. “Selama ini madu hanya didapat dari TNDS, kalau dari TNBK belum. Kami harap kedepan bisa digarap produksi madu dari TNBK. Selain itu petani mesti membuat inovasi baru dalam hal kemasannya,” tegasnya.