Satu-satunya Bank di Dunia yang Miliki Satelit Sendiri

0
930

DSC_0181LINTASKAPUAS.COM,SINTANG-Untuk mengoptimalkan pelayanan pada nasabah, Bank Rakyat Indonesia (BRI) akan meluncurkan satelit sendiri yang diberi nama BRISAT. “Ini merupakan inovasi dan menjadikan Bank BRI sebagai Bank pertama dan satu-satunya di dunia yang memiliki satelit sendiri untuk mendukung akses perbankan lebih optimal,” kata Pimpinan Cabang BRI Sintang, Aristo Hanafi.

Ia mengatakan, satelit BRISAT akan berkolaborasi dengan Space System Loral, perusahaan pembuat roket dari Amarika Serikat dan Arianespace perusahaan dari Perancis sebagai penyedia jasa peluncuran satelit. “Direncanakan meluncur dari Kouruo, Guyana Amerika Selatan untuk membawa BRISAT menuju luar angkas,” bebernya.

Dalam pelaksanaannya, BRI akan bersinergi dengan pemerintah dalam mengoptimalkan penggunaan satelit demi kesejahteraan masyarakat. BRI menyiapkan US$250 juta untuk meluncurkan dan mengelola BRISAT yang akan ditempatkan di slot orbit 150,5 derajat bujur timur.

Sebagai informasi, satelit BRISAT memiliki berat 3.500 kg dengan jumlah transponder 45. Adapun coverage menjangkau Indonesia, ASEAN, Asia Timur, sebagian Pasifik, Australia Barat.