Sekda Sintang : Kades Wajib Laksanakan Tugas Sesuai Dengan UU yang Berlaku

0
100
Sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah dalam acara syukuran terpilih dan dilantiknya Aloisius sebagai Kepala Desa Mentunai, Kecamatan Kayan Hilir

LINTASKAPUAS | SINTANG – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah menghadiri acara syukuran atas terpilih dan dilantiknya Aloisius sebagai Kepala Desa Mentunai Kecamatan Kayan Hilir periode 2021-2027 di Lapangan Voli Desa Mentunai pada Sabtu, 15 Januari 2022.
Yosepha Hasnah dihadapan Camat Kayan Hilir, Anggota Forkopimcam Kayan Hilir, Yulianus Asroni Anggota DPRD Kalbar, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Sintang, Kepala Desa Mentunai, dan masyarakat Desa Mentunai mengajak masyarakat untuk menghadapi tahun 2022 dengan semangat dan tekad untuk bekerja keras mencapai cita-cita, dengan diiringi do’a kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga apa yang menjadi harapan dan keinginan kita akan segera terwujud.

”Pada acara sumpah/janji jabatan kepala desa hasil pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Sintang tahun 2021 tanggal 7 oktober 2021 yang lalu, saya mengajak kepada kepala desa terpilih, untuk segera melaksanakan tugas berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” terang Yosepha Hasnah.

“Diantaranya adalah menyusun RPJM desa, RKP desa, serta anggaran pendapatan dan belanja desa. Selain itu, saya juga meminta kepala desa yang baru dilantik untuk mendorong masyarakat mengikuti program vaksinasi, mengantisipasi terjadinya potensi bencana alam, baik berupa banjir, tanah longsor maupun kebakaran hutan dan lahan di wilayah masing-masing,” terang Yosepha Hasnah.

“Saya juga mengingatkan semua kepala desa agar bekerja keras mewujudkan desa yang bebas stunting dan desa ODF. Saya yakin dan percaya bahwa Bapak Aloisius sebagai Kepala Desa Mentunai periode 2021-2027 dapat melaksanakan seluruh tugas tersebut dengan baik,” pesan Yosepha Hasnah.

“Seiring hal tersebut, saya juga meminta kepada seluruh warga masyarakat untuk dapat kiranya membantu dan mendukung Bapak Aloisius dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat di Desa Mentunai ini. Tentu dengan kerjasama yang harmonis dan partisipasi seluruh warga masyarakat Desa Mentunai akan lebih maju di masa yang akan datang,” pesan Yosepha Hasnah.

Kepala Desa Mentunai Aloisius menyampaikan bahwa Desa Mentunai memiliki 5 dusun sehingga perlu dukungan dari kepala desa terdahulu dan calon kepala desa saat Pilkades kemarin dalam rangka membangun Desa Mentunai ini.
“Saya berharap tidak ada pengkotakkan masyarakat akibat pilkades kemarin. Saya akan mengawali tugas saya dengan menyusun RPJMDes. Saya perlu pembinaan agar saya bisa memimpin desa Mentunai dengan baik. Kami mengusulkan pembangunan SMA di Desa Mentunai karena ada banyak desa di sekitar kami yang berdekatan,” terang Aloisius.

“Kami siap mengajukan proposal pembangunan SMA bersama desa lain juga. Tanah juga akan kami siapkan. SMA ini merupakan kebutuhan kami desa-desa di Kayan Hilir yang berada di bagian hilir sungai kayan ini. Saya mohon doanya agar saya bisa menjalankan tugas dalam menjalankan roda pemerintahan Desa Mentunai ini,” terang Aloisius.