Kuasai Tiga Bahasa Secara Otodidak, Dewan Janjikan Besaiswa Pendidikan Sella

0
350

foto bersama : Friscila Jesica Goeye(17) Putri Asli Sintang Fasih Berbahasa Jepang foto bersama dengan Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny beserta Anggotanya Santosa dan Billy Welsan yang Kagum dengan Sosok Sella
LINTASKAPUAS I SINTANG – Friscila Jesica Goeye(17) merupakan anak dari pasangan bapak Bakir Goeye dan ibu Maria Livisna yang fasih berbahasa Jepang secara otodidak bermodalkan suka menonton Film Anime
Bahkan tidak hanya Bahasa Jepang, Putri dayak kelahiran 25 November 2002 ini, baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke -17, teryata juga mahir berbahasa Inggris dan Spanyol.
Karena kelebihan yang dimiliki sella, (nama Panggilan akrabnya –Red) membuat sejumlah anggota Dewan terkagum dan menimbulkan rasa penasaran terhadap sosok Siswi Sekolah Menengah Atas Negeri(SMAN) 3 Sintang ini.
Salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang yang kagum dengan Sella tersebut adalah Billy, salah satu Legislator daerah pemilihan Sintang kota yang baru dilantik, langsung mengundangnya datang ke Sekretariat DPRD Sintang.
Mendapat Undangan, Pelajar kelas 3 SMA Negeri Sintang ini dengan sangat antusias memenuhi undangan wakil rakyat tersebut dan datang langsung kesekretariat DPRD Sintang di damping oleh ayahnya pada hari selasa(26/11/2019)
Kedatangan Sella bersama Ayahnya tersebut disambut hangat oleh Anggota DPRD Sintang, Billy welsan Dan Ketua Komisi A DPRD Sintang, Santosa serta langsung menjamu mereka masuk keruang Tamu Sekretariat Lantai II DPRD Sintang.
Saat pertama bertemu, pandangan Billy langsung focus pada sosok Sella dan langsung menyapanya. “ini kah namanya Sella yang fasih Bahasa Jepang tu, “ungkap Billy dan langsung dijawabnya dengan menundukkan kepala.
foto bersama : Friscila Jesica Goeye(17) Putri Asli Sintang Fasih Berbahasa Jepang foto bersama dengan Ketua Komisi A DPRD Sintang, Santosa beserta dan Billy Welsan Anggota DPRD Sintang pengagum Sosok Sella diruang Tamu DPRD Sintang
Billy mengaku, dirinya sangat penasaran sekali dengan sosok sella yang mampu berbahasa jepang tanpa mengikuti kursus ataupun bimbingan. “saya penasaran saya bercampur kagum, kok bisa fasih berbahasa jepang dengan cara otodidak, kalau ada tadi yang fasih karena bimbingan atau mengikuti kursus sih itu biasa, “Cetus Billy
Dalam kesempatan tersebut, Sella pun langsung bercerita bahwa dirinya mulai menyukai bahasa Matahari terbit tersebut sejak dirinya masih mengemban pendidikan dibangku sekolah dasar(SD)
“Saya Fasih Bahasa jepang itu secara otodidak karena sejak kelas 3 SD saya sudah mulai belajar diawali dengan suka menton kartun Jepang seperti Ookami Kodomo No Ame to yuki, dan itu saya tekuni, sambil menonton juga sambil saya mencari arti dan maksud dari cerita film itu dan semua kata- kata yang diucapkan saya hafal bahkan kalau ada kata-kata yang sudah saya sengaja saya tempelin di Hanphone, “ungkapnya Sella
Saya baru bisa fasih berbahasa jepang itu, lanjut Sella setelah duduk dibangku Sekolah Menengah pertama kelas 3 dan saat ini saya sudah memiliki teman sesame penggemar bahasa jepang dan dari rutinnya berkomunikasi dengan merekalah sedikit demi sedikit bisa mengasah kemampuan saya dalam berkomunikasi dan sampai saat ini masih berlanjut, “ cerita Sella.
Selain bahasa Jepang, lanjut Gadis berlesung pipit di pipinya tersebut, saya juga bisa berbahasa inggris dan spanyol, hanya saja untuk bahasa spanyol saya belum begitu mahir, hanya saja jika da orang berbicara denan bahasa spanyol saya bisa mengerti artinya. Bahkan untuk saat ini sudah ada beberapa kawan saya mau datang belajar bahasa Jepang Kerumah, “pungkas Sella.
Mendengar Cerita pendek anak sulung bapak Bakir tersebut, Anggota DPRD Sintang, Billy Welsan mengaku Kagum dan Salut dengan kemampuan yang dimiliki Sella yang tidak dimiliki oleh anak-anak yang seumuran dengannya.
“Saya salut dan sangat bangga sekali sama dia(sella-Red) karena dia memiliki kemampuan dan daya ingat yang sangat luar biasa, anak berprestasi seperti sella mesti harus didukung apa yang yang ingin dicita-citakan, dan sudah seharusnya anak seperti dia ini mendapat perhatian. Pemerintah harus jeli melihat peluang ini, “ucap Politisi Muda Gerindra Sintang ini.
Salut dan bangga terus terucap dari Biily, dan dia pun menjajikan kepada sella, apabila dalam ujian ulangan nanti mampu mendapatkan rata-rata nilai diatas 80 maka dirinya berjanji akan memberikan bonus tiket pesawat terbang ke negera matahari terbit tersebut.
“catat ya to kawan-kawan media, apabila Sella ini dalam ujian ulangannya mampu meraih nilai rata-rata 80 keatas, saja berjanji akan membelikan tiket pesawat Pulang –pergi ke jepang, untuk sella dan ayahnya yang mendampingi, “ucapnya.
Sementara, Ketua Komisi A DPRD Sintang, Santosa mengatakan dengan kemampuan yang dimiliki Sella, tentu akan memberikan manfaat bagi Kabupaten Sintang kedepannya. “Pemerintah harus jeli dengan anak yang berprestasi seperti ini, seharusnya pemerintah bisa memberikan perhatian khusus, terutama untuk kelanjutan pendidikannya kedepan, jangan sampai anak berprestasi seperti ini terabaikan, karena bagaimanapun juga ini akan menjadi Aset Bagi Kabupaten Sintang, “pungkas Santosa.
Terpisah, Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny saat ditemui Sella diruang Kerjanya menyampaikan bahwa sosok seperti Sella yang memiliki kemampuan lebih tersebut merupakan sosok yang bisa menginspirasi anak –anak yang ada dikabupaten Sintang ini.
“Dia ini(sella-Red) kita harapkan bisa menjadi sosok Anak yang menginspirasi anak-anak diluar sana, termasuk menginspirasi anak, saya, anak pak santosa, anak pak billy dan anak-anak lainnya, “ucap Ronny.
Politisi Muda NasDem ini menyampaikan bahwa pihaknya akan siap membantu Sella meraih cita-citanya termasuk untuk melanjutkan pendidikannya ke Jepang nantinya melalu Jalur Basiswa dari pemerintah daerah.
“Kami sangat mengapresiasi denga prestasi yang dimiliki Sella ini, dan ini akan kami sampaikan langsung nanti kepada Pemerintah Kabupaten daerah melalui Rapat Kerja, anak ini bisa membanggakan Sintang dengan kemampuan yang dimilikinya, “Pungkas Ronny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here