Sembilan Ruko Kompleks Pasar Inpres Sintang Terbakar

0
41
Tim Pemadam Kebakaran Berjibaku memadamkan api yang menghanguskan sembilan ruko di wilayah Komplek pasar Inpres Sintang

LINTASKAPUAS | SINTANG – Sembilan unit Rumah Toko yang terletak di jalan partisipasi Kelurahan Tanjung Puri komplek pasar Inpres Sintang Ludes terbakar.

Peristiwa Kebakaran terjadi pada kamis(1/10/2020) sore Hari sekitar pukul 16.00 Wib disaat para pedagang sudah bersiap-siap menutup usaha dagangannya.

Salah satu saksi mata, Iwan mengatakan bahwa dirinya saat tiba dilokasi, asap api sudah membumbung tinggi, dan sejumlah warga lainnya langsung menghubungi pemadam Kebakaran.
“Saat saya sampai, api sudah besar, dan apinya sudah membumbung tinggi, kami juga bersama warga berusaha memadamkan tapi karena peralatan minim, jadi kami tidak bisa berbuat banyak, ” ucap Iwan.
Ia juga menyampaikan bahwa tidak mengetahui api awalnya berasal dari mana. tapi saat tiba dilokasi, api sudah besar tepat berada ditengah-tengah.
“kalau api berasal dari mana kita tidak tahu, karena sudah besar. tapi kalo sekilas karena kita melihat api paling besar itu tepat di deretan toko Kelontong, ” ucapnya.

Sementara, Kepala Satuan polisi Pamong Praja & Pemadam Kebakaran Sintang, Martin Nandung mengatakan Pihaknya mendapat informasi adanya kebakaran sekitar pukul 16.15 Wib.
” Mendapat Informasi tersebut, tim langsung turun kelokasi bersama dengan peralatan pemadam dengan kekuatan penuh.
“Kita menerjunkan Enam unit mobil Pemadam Kebakaran dibantu dari tim Bussera, BPBD Sintang dan Watercanon Polres Sintang, “jelasnya.

Ia mengatakan saat melakuka pemadaman, pihaknya mengalami kesulitan mendapatkan akses saluran air, namun berkat kerja sama tim bersinergis dengan Tim pemadam Kebakaran lainnya, akhirnya sijago merah berhasil dijinakkan.
“Berkat kerjasama tim yang baik dibantu masyarakat sekitar, dalam jangka waktu dua jam kita berhasil menjinakkan Api, ” ucapnya.
Terkait dengan penyebab terjadinya kebakaran serta kerugian yang dialami korban, Kewenangan berada pada aparat keamanan.
“Tugas kita hanya memadamkan Api, kalau untuk penyebab dan kerugian itu menjadi kewenangan aparat Kepolisian untuk menyampaikannya, “pungkasnya.

Martin juga mengucapkan terimakasih banyak kepada masyarakat karena sudah membantu tim Pemadam kebakaran dalam menjalankan tugas, khusunya memberikan akses jalan masuk.
“Pesan kita kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sintang, agar tetap selalu waspada, dan harapan kita peristiwa tersebut tidak terulang kembali, “pungkas Martin.