Stop…!!! Politisasi Klaster Reses, Otoritas Covid -19 Mesti Sigap

0
76
Aktivis Kesehatan Masyarakat, Jaka Kembara

LINTASKAPUAS | SINTANG, Aktivis Kesehatan masyarakat, Jaka Kembara mengatakan Satuan tugas Corona Disease(Covid-19) Kabupaten Sintang mesti mengambil alih isu liar terkait dengan “Klaster Reses” segera meluruskan informasi dilengkapi dengan data sebenarnya yang harus diketahui publik.

“Isu liar tentang Klaster Reses harus segera ditanggapi dengan serius karena ini menyangkut keselamatan masyarakat Sintang secara luas, otoritas terkait mesti tegas dan transparan dengan informasi ini, supaya tidak terkesan di tutup-tutupi, ” Ucap Jaka.

Jaka juga mengatakan sebaiknya politisasi dan polemik tentang kluster Reses sudah harus d hentikan, dan tidak perlu di perpanjang lagi karena menimbulkan kecemasan dan ketidakpastian bagi masyarakat yang setiap hari harus mewaspadai dan menghindari penularan covid-19.
“Tinggalkan sejenak, jika politisasi kluster reses ini mungkin dapat merugikan pihak lain sebagai sebab dari polemik yang ada. Namun, fokus sekarang adalah melakukan penanganan yang sesuai untuk kluster yang baru ini.

Menurut Jaka, Otoritas penanganan covid-19 Sintang sebaiknya mampu menjelaskan secara pasti jumlah orang yang tertular, jumlah orang yang mendapatkan penanganan medis, dan jumlah orang yg harus menjalani isolasi secara mandiri atas terjadinya kluster ini.
“Kluster reses ini sebenarnya ingin menunjukkan dan sebagai bahan pembelajaran bahwa taat pada protokol menghindari penularan covid 19 sangat penting dan tidak dapat diabaikan begitu saja walaupun mungkin tidak ada satu pihak pun menghendaki terjadinya cluster ini, “ucapnya
Menurut jaka, Jika kluster reses secara faktual benar terjadi, maka tindakan penanganan atas kejadian ini sangat diperlukan penangananya secara cepat.

“Polemik tentang isu ini kita harapkan tidak merubah apapun, serta tidak akan menguntungkan siapapun. Covid 19 bukan untuk komoditi politik,” pungkasnya.