Tak Pakai Masker, Rapid Tes di Tempat

0
229
Ratusan warga terjaring rajia tak gunakan masker, menjalani rapid tes di tempat

LINTASKAPUAS | SINTANG – Satuan tugas Penegakan Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid – 19 menggelar Operasi Kontijensi Aman Nusa II

HUMAS POLRES SINTANG. Wakapolres Sintang, Kompol Alber Manurung, SH., S.I.K memimpin tim satuan tugas Penegakan Protokol Kesehatan dalam rangka Operasi Pencegahan Penyebaran Covid 19 Tahun 2020 , Rabu (30/09/2020) malam. Kegiatan ini dimulai dengan apel bersama di halaman Mapolres Sintang.

Dalam operasi tersebut melibatkan seluruh Instansi terkait baik, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan TNI-Polri.

Wakapolres Sintanh, Kompol Alber menyampaikan bahwa dalam melaksanakan operasi Aman Nusa II – Covid 19 tetap mengedepankan sikap yang humanis.

“Operasi ini kita hanya memberikan edukasi dan himbauan mengenai pencegahan Covid-19 kepada masyarakat agar tetap selalu waspada setiap saat, “ucap Alber.

Ia juga menyampaikan bahwa dalam setiap patroli tim Satgas akan langsung melakukan test rapid di tempat bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker.

“Kemarin, saat kita menggelar patroli, kitq berhasil melakukan Rapid Test kepada 102 Orang yang tidak menggunakan masker dan hasil 100 orang Non-Reaktif dan 2 orang Reaktif.
Kedua orang ini untuk selanjutnya diminta melakukan test usap (SWAB) di mobile PCR yang ada di Dinas Kesehatan.

Kegiatan dilaksanakan dengan sasaran antara lain sejumlah café, warung kopi, dan warung warga di seputaran Jalan Lintas Melawi dan Jalan PKP Mujahidin Sintang.

Selain itu Kompol Alber juga menekankan kepada para petugas yang melaksanakan operasi yustisi agar tetap menjaga keamanan pribadi dengan melengkapi diri menggunakan alat pelindung diri yang ada. Hal ini dikarenakan untuk mengantisipasi interaksi dengan warga yang positif atau negatif ketika melaksanakan tugas di lapangan, dan jika ada personil yang merasa kurang sehat agar tidak ikut kegiatan di lapangan guna mengurangi resiko yang ada.