Turnamen Gandis Hulu Berakhir, Dewan Berharap Pembinaan Olahraga Berkalanjutan

0
794

Penyerahan piala bergilir Turnament Bola Gandis Hulu Cup III oleh Bupati Sintang
LINTASKAPUAS I SINTANG – Turnamen sepakbola Pemuda Gandis Hulu Cup III resmi berakhir, Minggu (24/3). Dalam pertandingan final yang disaksikan Bupati Sintang Jarot Winarno,Ketua Komisi A DPRD Sintang, tim dari Desa Sungai Mali berhasil menjadi juara setelah mengalahkan tuan rumah Desa Gandis Hulu dengan skor tipis 1-0.
Ketua Komisi A DPRD Sintang Syahroni mengucapkan selamat pada tuan rumah yang telah sukses menggelar turnamen rutin tersebut.
“Selamat juga pada para pemenang. Yakni Sungai Mali sebagai Juara I, tuan rumah Desa Gandis Hulu sebagai juara II, PS Gandis HIlir sebagai juara III dan Desa Penyak Lalang sebagai juara IV. Saya juga mengapresiasi tim-tim yang sudah berpartisipasi dalam acara ini,” ucapnya.
Ketua komisi A DPRD Sintang, Syahroni menyerahkan Piala kepada juara II Turnamen bola Gandis Hulu Cup III di Deda Gandis Hulu Kecamatan Dedai Kabuaten Sintang
Meski turnamen sudah berakhir, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berharap pembinaan dibidang olahraga tetap dilakukan. Mengingat, kegiatan olahraga selain bagus untuk menumbuhkembangkan semangat positif para pemuda, juga menjadi media untuk mencetak atlet-atlet berbakat yang diharapkan bisa mengharumkan nama Bumi Senentang dalam berbagai even.
“Kegiatan olahraga seperti ini tentu sangat positif. Harapannya, anak-anak muda tidak hanya bersatu dalam bidang olahraga. Tetapi bisa menularkan semangat persatuan dalam pembangunan,” ucapnya.
Ia mengatakan, saat ini Kecamatan Dedai merupakan pemegang supremasi sepakbola tingkat kabupaten Sintang yaitu juara Bupati Cup. Dengan adanya turnamen tingkat desa di Gandis Hulu, tentu akan mengasah kemampuan atlet-atlet Kecamatan Dedai yang diharapkan mampu mempertahankan prestasi yang sudah diraih.
“Makanya, pembinaan melalui turnamen sepakbola tingkat desa juga harus digalakkan. Harapan kita, melalui turnamen tersebut melahirkan pemain-pemain atau bibit-bibit lokal yang mampu mengangkat nama Kabupaten Sintang ke kancah yang lebih tinggi,” ucapnya.
Untuk mencapai prestasi maksimal diakui Syahroni tidaklah mudah. Oleh karena itu ia berpesan pada para atlet atau pemain bekerja keras dan disiplin.
“Yang tak kalah penting adalah pembinaan yang dilakukan pemerintah hendaknya dimulai dari tingkat paling bawah contohnya melalui turnamen tingkat desa seperti sekarang ini,” ucapnya.
Bupati Sintang Jarot Winarno dalam sambutanannya saat penutupan turnamen Pemuda Gandis Hulu Cup berpesan agar tim kalah tidak putus ada. “Bagi yang kalah jangan putus asa. Selamat bagi yang juara. Jangan cepat puas karena masih banyak turnamen lain. Teruslah berlatih. Yang penting masyarakat Dedai bersatu,” ujar dr. Jarot pada sambutannya sore itu.
Ii mengatakan, olahraga tidak hanya sekedar memujudkan masyarakat Sintang yang sehat. Tapi juga keberadaan sarana olahraga juga menjadi tempat untuk berkumpul dan hiburan. Selain juga akan menumbuhkan perputaran ekonomi bagi masyarakat sekitar.