2017 Terminal Lawang Kuari Tanggungjawab Pemprov

0
1640
Terminal Lawang Kuari Kabupaten Sekadau
Terminal Lawang Kuari Kabupaten Sekadau

LINTASKAPUAS.COM-SEKADAU – Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Perhubungan Telekomunikasi, Informasi, Budaya Dan Pariwisata ( Hubtelkominfobudpar ) akan mencanangkan peralihan status dan kewenangan pengelolaan terminal lawang kuari sekadau tahun 2017 jadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi.

Meski masih dalam tahap persiapan, akan tetapi pemerintah daerah kabupaten sekadau akan terus berupaya melakukan peralihan dengan harapan terminal lawang kuari yang terletak dipusat kota sekadau menjadi lebih baik dan dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat pengguna jasa transportasi.

Fendi S.sos. Msi kadis hubtelkominfobudpar kab sekadau menegaskan, Sesuai UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan kewenangannya, saat ini sedang dilakukan persiapan pengalihan dalam penerapan kewenangan prasarana, personil, perlengkapan dan data ( P3D ).
Sebelumnya, terminal lawang kuari sekadau merupakan terminal tipe C dan apabila dialihkan kepihak provinsi akan berubah menjadi tipe B. Ungkapnya belum lama ini.

Dengan dialihkannya kewenangan dan peralihan, secara otomatis mulai dari tata kelola, personil dan sistem managemennya pun akan berubah. Karena telah dialihkan dan diawasi langsung oleh provinsi. Selanjutnya, pemerintah daerah akan merencanakan persiapan pembangunan terminal tipe C dikawasan kabupaten sekadau, seperti di kecamatan nanga mahap.

” Untuk kecamatan mahap, akan dibangun terminal tipe C “. Katanya.

Dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah, diharapkan dengan dibangunnya terminal tipe C mahap akan berpengaruh dengan retribusi dan kontribusi dari armada yang sebelumnya sedikit masuk dan perlahan akan  bertambah. Serta masyarakat pengguna jasa transportasi akan lebih merasa tenang dan nyaman dalam bepergian, tak ada lagi rasa khawatir dan kata ketinggalan ‘ kereta ‘.

” Meski penerapannya tahun depan dan saat ini masih tahap persiapan pengalihannya, diharapkan masyarakat menjadi lebih nyaman dan terminal sekadau akan jadi lebih baik ” . harapnya.

Terpisah, Anton warga nanga mahap kepada media ini mengatakan bila memang benar akan dibangun terminal di nanga mahap, tentunya kami sebagai warga sangat merasa senang.

” Tentunya sangat senanglah, berarti pemerintah daerah ada perhatian kepada masyarakatnya di kecamatan pelosok ” . ungkapnya saat ditemui disalah satu warung kopi komplek terminal lawang kuari. ( Hermanto )