25 Balon Kades Jalani Fit and Proper-Test

0
1408
Bayu Dwi Harsono
Bayu Dwi Harsono

LINTASKAPUAS.COM – SEKADAU, Sebanyak 25 Bakal Calon(Balon) Kepala Desa yang akan ikut bertarung dalam pemilihan Kepala Desa(Pilkades) serentak diwilayah Kabupaten Sekadau ikut menjalani fit and proper-test.

fit and proper-test tersebut merupakan salah satu persiaratan untuk menjadi calon Kepala Desa sesuai dengan Sesuai peraturan daerah nomor 7 tahun 2015 tentang pilkades.

“25 Bakal calon yang mengikuti fit and proper-test tersebut merupakan calon yang sudah mengikuti tes hasil seleksi yang sebelumnya dilaksanakan di desa sungai ringin, seraras dan tapang tingang yang masing-masing 6 calon. Sementara desa boti sebanyak 7 calon, “ungkap Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Kesatuan Bangsa, Pemerintahan Desa kabupaten sekadau, Bayu Dwi Harsono kepada wartawan kemarin.

Ia mengatakan Sesuai peraturan, proses seleksi di setiap desa minimal  dua orang dan maksimal lima orang yang mencalonkan diri. Ke- 25 calon akan mengikuti empat poin penilaian kembali sehingga benar-benar calon yang kompeten dan 5 diantaranya akan kembali digugurkan.

“Mereka akan menjalani wawancara, tes tertulis, pendidikan, dan kajian batas usia. Dalam penilaian, sejumlah pihak akan dilibatkan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Dari sekian banyak desa yang mengikuti pilkades, akan tetapi adansatu desa yang hanya memiliki satu calon sehingga pemdes memperpanjang waktu pendaftaran kembali. Dan dalam penilaian pun tak ada intervensi dari tim penilai.

Dari pantauan media ini dilapangan, sebelum proses fit and proper-test dilaksanakan sempat terjadi aksi demo yang terjadi dikantor camat sekadau hilir sebagai bentuk protes atas ketidak lolosan sejumlah calon karena tak melengkapi pemberkasannya.

Abdul Hamid merupakan salah satu calon kades sungai ringin mengharapkan kepada panitia untuk tidak melakukan intervensi dalam proses penjaringan. Terutama dalam hal poin penilaian para calon. “Jangan ada kepentingan, kita berharap seleksi ini mendapatkan hasil yang nyata dan bisa dipertanggung jawabkan,” Tandasnya. ( Hermanto )