5 Ton Ikan Lepas Disungai Kapuas

0
2047
Puluhan warga Berusaha melakukan evakuasi kapal pengangkut Ikan yang karam disungai kapuas.
Puluhan warga Berusaha melakukan evakuasi kapal pengangkut Ikan yang karam disungai kapuas.

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Sekitar lima(5) ton Ikan Air tawar lepas di perairan sungai Kapuas Sintang akibat sebuah Kapal motor(KM Putri Kapuas) Asal Kecamatan Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu karam saat bersandar di pantai sungai Kapuas Kecamatan sintang.

Akibat dari peristiwa tersebut Loko yang merupakan Nahkoda dari Kapal tersebut mengalami kerugian karena semua ikan yang dibawanya tersebut lepas kesungai. Diperikrakan terjadi pada, rabu(28/1) dini hari saat Kapal Motor tersebut bersandar di dermaga SDF Pantai sungai durian Sintang.

Kasat Polair Polres Sintang, AKP Fahri Gunawan saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut “Kita dapat laporan dari warga bahwa ada kapal yang karam.  Memastikan hal tersebut benar, kita langsung kirim personil ke tempat kejadian  untuk melakukan pengamanan” ujar Fahri

Ia mengatakan bahwa kapal terseut mengangkut sekitar 5 ton ikan berupa ikan ikan lele dan toman,serta ikan Baung. “kapal Pengakut ikan tersebut bersadar didermaga SDF Sungai Durian pada Selasa ( 27/1) jam 16.00 wib karena air kuat surut dan KM mengalami kebocoran di bagian belakang sehingga kapal miring lalu tenggelam, “jelasnya.

Saat ini masih diupayakan evakusi untuk mengangkat badan kapal, kerugian, materi blm bisa ditaksirkan dan tak ada korban jiwa, dan kejadian ini masih ditangani  polair, dengan melakukan pengamanan TKP . “Kejadian kapal tenggelam itu terjadi pada dini hari  dan tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut,” katanya.

Pantauan harian ini dilokasi kejadian, Warga masih berusaha untuk melakukan evakuasi terhadap kapal karam tersebut. warga mengeluarkan muatan didalam kapal, kemudian berupaya mengangkat kapal dengan alat manual dengan bantuan kapal besar. Evakuasi kapal tersebut mengundang perhatian masyarakat sekitar dan pengendara yang melintas. Banyak dari mereka yang menepikan kendaraan hanya untuk menyaksikan evakuasi kapal.

Sementara itu ,  informasi yang berhasil dihimpun di lokasi kejadian, salah seorang warga mengatakan penyebab karamnya kapal yang bermuatkan ikan sungai tersebut lantaran buntut kapal terkandas karena air surut sehingga kapal menjadi miring dan masuk air.