TNI Tingkatkan Kerjasama Pengawasan Perbatasan Dengan TDM

0
1706
Patroli Koordinasi TNI bersama TDM berlangsung di Bukit Perak Badau
Patroli Koordinasi TNI bersama TDM berlangsung di Bukit Perak Badau

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Dalam rangka untuk meningkatkan jalinan koordinasi dalam menjaga wialayah perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia, Tentara Nasional Indonesia(TNI) Gelar Kegiatan Partoli Koordinasi dengan Tentara Diraja Malaysia(TDM) Siri 2/2016.

Kegiatan Patroli Koordinasi TNI-TDM Siri 2/2016 tersebut dipusatkan diwilayah perbatasan Indonesia-Malaysia wilayah Bukit Perak desa Badau Kecamatan Badau yang berlangsung selama tujuh(7) hari  sejak tanggal 13 hingga 20 Oktober 2016.

Kegiatan Patroli Koordinasi TNI-TDM Siri 2/2016 yang rencana akan dilaksanakan selama 7 hari dari tanggal 13 sampai dengan 20 Oktober 2016 di hadiri oleh Ka ILO TNI Kucing letkol Inf M.Iqbal, Dansatgas Yonif 312/Kh Letkol Inf Yusuf Rizal,Camat Badau,Danramil 1206,Kapolsek Badau,Kepala Bea dan Cukai Badau,Kepala Imigrasi Badau dan Kepala Desa Badau .adapun perwakilan dari pejabat Malaysia adalah Panglima MK 3 Bgd Brigjen Bustaman,CO 4/Kad Letnan Kolonel Nizam,PS 3/Risik Maj Idura dan PS 2/ Gerak MK 3 Kapten Fairus.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Korem 121/Abw Brigadir Jenderal TNI Widodo Iryansyah, S.Sos., M.M. mengatakan bahwa Patroli Koordinasi antara TNI-TDM Siri 2/2016 ini merupakan wujud hasil kesepakatan bersama pada kegiatan Unit Commander Meeting Siri 1/2016 yang telah dilaksanakan.

Kegiatan ini merupakan simbol kebersamaan yang merupakan bentuk aplikasi eratnya persahabatan antara kedua institusi yaitu TNI dan TDM di dalam saling menjaga kedaulatan wilayah negaranya yang berbatasan darat, “ucapnya.

Menurut Widodo, Patroli Koordinasi TNI-TDM Siri 2/2016  tentu akan berdampak positif untuk mengontrol aktifitas berbagai kegiatan ilegal seperti Ilegal loging,ilegal mining,Trafficking,Pelintas batas dan kriminalitas seperti Narkoba yang sering memanfaatkan celah yang ada di perbatasan kedua Negara serta berbagai dampak lainnya yang timbul di perbatasan, “pungkasnya(Lingga)