75 Praja IPDN Tinggalkan Sintang

0
1909
Bupati Sintang tutup secara resmi kegiatan Praktek Lapangan 17 Praja IPDN Kampus Kalimantan Barat
Bupati Sintang tutup secara resmi kegiatan Praktek Lapangan 17 Praja IPDN Kampus Kalimantan Barat

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Setelah menggelar Prektek Kerja Lapangan selama sebulan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, Akirnya 75  Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang terdiri dari putra 48 orang dan putri 17 orang kembali kekampusnya.

Berakhirnya kegiatan praktek kerja lapangan 75 Praja IPDN Kampus Kalimantan Barat tersebut di tutup secara resmi oleh Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med, PH bertempat di Balai Praja Setda Sintang, selasa(31/5)

Dalam kesempatan tersebut Jarot Winarno mengatakan  Kegiatan Praktik Lapangan para praja IPDN selama  satu bulan di sintang diharapkan bisa terjadi tansfer of knowledge kepada masyarakat, pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan sehingga memberikan manfaat baik bagi praja IPDN maupun Pemkab Sintang.

“Para praja merupakan calon pemimpin masa depan Indonesia yang berasal dari berbagai suku dan agama. Saya berharap agar para praja berpikir akademis bekerja program. Ketika kita di lapangan, teori kita jadikan pedoman untuk melaksanakan program kerja yang ada.

 Ia juga menyampaikan kepada seluruh perserta Praktek Lapangan Praja IPDN agar bisa mengambil pelajaran dan hikmah selama di lapangan untuk menambah wawasan tentang Indonesia dan pemerintahan. “Kami senang bisa menjadi tempat para praja melakukan praktek lapangan, dan ke depannya akan kita tempatkan di kawasan perbatasan. Saya mohon maaf jika selama satu bulan berada di sintang, ada kesalahan kata dan perbuatan dari masyarakat dan jajaran pemerintahan di sintang, “ucap Jarot Winarno.

Menurut Jarot, praktik lapangan sangat penting dilakukan untuk menambah wawasan para praja karena biasanya antara teori dan praktek itu berbeda. Dengan demikian, praktek lapangan tersebut akan memperkaya wawasan bahwa ternyata teori yang dipelajari di bangku kuliah, sedikit berbeda dengan praktek di lapangan.

“Mudah-mudahan dengan Praktek ini juga membuat para praja bisa belajar tentang kondisi di lapangan, dan pemerintahan desa dan kecamatan juga bisa belajar tentang ilmu pemerintahan kepada para praja IPDN, “pungkasnya.

Terspisah, Kepala Satuan Praktik Lapangan II IPDN Kampus Kalimantan Barat Jamil Islami menjelaska secara umum seluruh kegiatan praktik lapangan sudah berjalan lancar dan sukses.

“terima kasih kepada Pemkab Sintang yang sudah memfasilitasi kami untuk melakukan praktek lapangan. Malah ada camat dan kepala desa yang minta tambah waktu. Tetapi sesuai aturan, maka praktek lapangan hanya bisa selama satu bulan saja” terang Jamil Islami.

Ia mengaku selama Mahasiswanya menggelar praktek kerja lapangan di lingkungan Pemerintah Kabupaten sintang, sudah membantu pemerintahan desa dan kecamatan membuat standar operasional prosedur dan membuat website bagi kecamatan dan desa.

“Kami sudah mendapatkan pengalaman yang sangat banyak untuk terus belajar tentang pemerintahan. IPDN Kampus Kalimantan Barat siap membantu pemkab sintang jika ke depannya diperlukan, “pungkasnya(*)