Alamak…Brankas Sat Pol PP Digondol Maling

0
1178
Staf Sat Pol PP Sintang menunjukan lokasi brankas yang hilang. Foto : Yusrizal Bota
Staf Sat Pol PP Sintang menunjukan lokasi brankas yang hilang. Foto : Yusrizal Bota

LINTASKAPUAS.COM, SINTANG – Brankas milik Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Sintang lenyap digondol maling. Brankas yang berisi uang Rp 4,2 juta, sejumlah cek, kunci motor dan mobil dinas diketahui berpindah tempat, Jumat (5/9).

Selain uang dan surat berharga dalam brankas, helm hasil razia juga ikut hilang. Begitu juga dengan empat buah handphone rusak yang tersimpan dalam lemari. Meski banyak barang yang diangkut, televisi yang terletak di ruang tunggu luput dibawa maling.

Kejadian itu pertama kali diketahui Mardinus, salah satu anggota Pol PP Sintang. Sekitar pukul 07.00 WIB, ia mendapati pintu depan kantornya sudah terbuka. Begitu dicek, pintu masuk sudah dirusak, begitu juga dengan ruangan Kepala Sat Pol PP, ruangan pengendalian dan operasional dan ruang bendahara.

Diduga, maling masuk melalui pintu depan, ini dibuktikan dengan congkelan kunci yang masih berbekas. Sementara, brankas yang berisi uang dibawa dengan cara diseret. “Ini bisa dilihat dari bekas seretan brankas dilantai kantor ini,” kata staf Pol PP, Sudirman alias Pak Aloy.

Bendahara Sat Pol PP Sintang, Ester menuturkan uang yang tersimpan dibrankas merupakan operasional kantor dan untuk membayar asuransi. “Ada juga uang kespeg staf yang dititipkan untuk disimpan dibrankas, karena yang punya mau berangkat haji,” beber dia.

Beruntung, kata Ester, uang yang tersimpan dilaci meja luput dari incaran maling. Padahal jumlahnya mencapai Rp 17 juta rupiah. “Laci tempat menyimpang uang, tidak jauh dari lokasi brankas yang hilang. Keduanya berada pada ruangan yang sama,” kata Ester.