Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Tinjau Tebelian Airport

0
1304
Anggota Komisi IV DPRD Provinsi tinjau Proses Pembangunan Tebelian Airport Sintang didampingi Bupati Sintang
Anggota Komisi IV DPRD Provinsi tinjau Proses Pembangunan Tebelian Airport Sintang didampingi Bupati Sintang

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Bupati Sintang Milton Crosby menerima kunjungan   komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Barat. Bupati membawa rombongan wakil rakyat tersebut meninjau Bandara Tebelian dan beberapa fasilitas pendukung pembentukan Provinsi Kapuas Raya.

Bupati dan rombongan Komisi IV mengunjungi bandara Tebelian dengan melintasi jalan masuk yang telah siap diaspal. Jalan tersebut sepanjang 1,3 km dengan lebar 60 meter. Fasilitas penunjang  sisi darat langsung terlihat begitu tiba di Bandara, kemarin

Bangunan ruang tunggu bandara sudah terbangun. Fasilitas listrik telah terpasang. Kantor pemadam kebakaran juga didirikan. Musala melengkapi pembangunan sisi darat yang tengah berlangsung. Sementara alat berat dan aktivitas pengerjaan bandara terus berjalan.

Bupati Sintang Milton Crosby menjelaskan kepada rombongan komisi IV, landasan pacu bandara Tebelian sepanjang 1,550 km sudah diaspal. Panjang landasan diaspal tak hanya berhenti pada ruas tersebut. Namun akan ditambah lagi. Target, total landasan pacu Bandara Tebelian sepanjang 3,1 km.

Menurut Bupati pada 2015 pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan mengucurkan dana Rp 80 miliar untuk melanjutkan pembangunan sisi darat dan udara Bandara Tebelian. Kemudian pemerintah kabupaten menyiapkan dana Rp 5 miliar buat mengaspal jalan masuk. Dan, total luas areal Bandara Tebelian Sintang 300 hektar.  Pembebasan tanahnya dilakukan Pemkab.

Bupati mengatakan, kunjungan komisi IV menjadi modal penting bagi pembangunan Sintang. Kunjungan tersebut bisa menjadi suntikan moral. Tidak kalah penting, lanjut Bupati, diharapkan Komisi IV bisa membantu Sintang mendapatkan dana provinsi dalam melanjutkan pembangunan yang tengah berjalan. “Sharing dana provinsi sangat kita harapkan,” kata Milton.

Selain memantau pembangunan Bandara Tebelian, rombongan Komisi IV dibawa Bupati mengunjungi sejumlah fasilitas yang dipersiapkan untuk mendukung pembentukan provinsi Kapuas Raya. Fasilitas tersebut antara lain, Gedung Serbaguna (calon kantor Gubernur Kapuas Raya), Rumah Sakit Rujukan, Stadion Baning, gedung Padepokan, dan museum Kapuas Raya. Kunjungan diakhiri dengan melihat titik 0 jalan menuju  perbatasan.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kalbar Suyanto Tanjung mengatakan, pembangunan Sintang saat ini mengalami peningkatan yang cukup pesat termasuk infrastrukturnya yang tentunya akan mendongkrak ekonomi masyarakat khususnya masyarakat yang ada diwilayah timur Kalimantan Barat. “Bandara Tebelian misalkan,” katanya.

Ia pun menyatakan akan membantu memperjuangkan dana provinsi dapat mengucur dalam penyelesaian pembangunan Bandara Tebelian.  “Kita akan upayakan  koordinasi  dengan instansi terkait,” kata Suyanto.

Politis Hanura dapil Sintang-Melawi dan Kapuas Hulu, yang akrab disapa Ajung, ini, menambahkan pihaknya juga mendukung pembentukan provinsi Kapuas Raya. Ia menilai Kapuas Raya dibentuk penting bagi percepatan pembangunan.
Sementara, Wakil ketua Komisi IV, M Isya,  mengatakan, pihaknya akan ikut memperjuangkan anggaran pembangunan infrastruktur di Sintang. Mengenai bandara Tebelian, lanjut dia, apresiasi penuh diberikan kepada Bupati Sintang. Dukungan pembentukan Kapuas Raya juga diberikan pihaknya. Sementara untuk Bandara Tebelian, M Isya menyatakan bakal berkoordinasi dengan instansi terkait baik tingkat provinsi maupun pusat, khususnya di komisi V DPR-RI.

Seorang lagi, anggota rombongan Komisi IV yang berkunjung ke Sintang adalah Syarif Amin. Keempat anggota Komisi IV yang datang,  juga mengagendakan meninjau jalan Simpang Medang-Serawai yang rencananya juga akan segera dibangun dengan kucuran dana dari APBD Murni Provinsi tersebut.