Awas!!! Mamin Tak Berlabel Halal Marak di “Indomaret”

0
3998
salah satu Sampel produk makanan dan minuman tanpa label Halal marak diperjual di Indomaret
salah satu Sampel produk makanan dan minuman tanpa label Halal marak diperjual di Indomaret

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Ternyata, selain meresahkan masyarakat karena perbedaan harga yang tertera di label dan kasir. Juga banyak ditemukan produk makanan dan minuman tanpa label Halal yang diduga masuk kategori haram untuk dikonsumsi.
Salah seorang pelanggan toko Indomaret, Adhe merasa terjebak saat berbelanja di Toko Indomaret.pasalnya, ia sudah membeli dan mengkonsumsi minuman merk “Mogu-Mogu” yang diduga tidak halal untuk dikonsumsi.
“Saya tidak tahu kalau minuman ini tidak halal dikonsumsi. Saya tahu pun ketika ada sidak dari pemerintah sintang, yang menyatakan minuman ini tidak halal untuk dikonsumsi karena tidak tertera label halal di bagian botol minuman itu,”ujarnya.
Karena belum begitu percaya dengan informasi tersebut, dirinya pun melakukan klarifikasi terhadap halal tidaknya minuman yang telah diminumnya tersebut. Adhe langsung mendatangi Kepala Toko Indomaret yang berada di Jalan Lintas Melawi Sintang guna mempertanyakan hal tersebut.
Alhasil, Kepala Toko Indomaret membenarkan bahwa minuman bermerk “Mogo-Mogo tidak halal untuk dikonsumsi umat muslim. “Ini benar-benar keterlaluan sekali. Jika memang tidak halal seharusnya ada label yang melekat di kemasan tersebut, kalau begini caranya sama saja Indomaret merugikan dan menyesatkan dalam mengkonsumsi produk-produk yang dijualnya,”ujarnya dengan penuh kesal.
Sementara, Komisi A DPRD Sintang menggelar inspeksi mendadak bersama Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM), Badan Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu dan Satuan Polisi Pamong Praja ke sejumlah gerai Indomaret. Hasilnya, tim gabungan sidak mengaku juga banyak menemukan makanan dan minuman kemasan tanpa label halal.
Kepala Seksi Pengembangan usaha dan perdagangan Disperindagkop dan UKM, Syafrudin memastikan dalam waktu dekat akan menarik sejumlah makanan dan minuman yang tidak berlebel halal tersebut. Sebab ia tidak bisa memastikan kwalitas dan keamanan makanan tersebut. “ Akan kita tarik semua makanan dan minuman itu, kita tidak mau membuat masyarakat kita menjadi resah akan ulah pelaku usaha yang tergolong nakal ini,” kata dia.
Syafrudin meminta kepada konsumen untuk lebih teliti saat berbelanaj di gerai Indomaret. “Komplain jika jika di struk pembayaran tidak sesuai dengan harga di rak. Dan selalu harus teliti saat berbelanja,” pungkasnya.