Bupati Serahkan Bantuan Alat Pertanian

0
1783
Bupati Kapuas Hulu A.M. Nasir, SH saat melihat sejumlah alat-alat pertanian yang diserahkan kepada kelompok tani guna meningkatkan hasil produksi dan mensukseskan program pertanian di kapuas hulu
Bupati Kapuas Hulu A.M. Nasir, SH saat melihat sejumlah alat-alat pertanian yang diserahkan kepada kelompok tani guna meningkatkan hasil produksi dan mensukseskan program pertanian di kapuas hulu

LINTASKAPUAS.COM,KAPUAS HULU- Komitmen Pemerintah kabupaten Kapuas Hulu dalam membangun sektor pertanian untuk mendongkrak penghasilan masyarakat sektor pertanian dan perternakan tidak di ragukan lagi. Setiap tahun di serahkan bantuan alat kelengkapan pertanian, bibit ternak bagi para petani di bumi uncak kapuas dengan nilai milyaran rupiah dan di harapankan kesejahtraan masyarakat meningkat.

Seperti yang dilakukan Bupati Kapuas Hulu, A.M Nasir SH, Rabu (28/1) pagi kemarin menyerahkan langsung bantuan berupa beberapa jenis alat pertanian dan bibit sapi kepada kepada para petani dan peternak dari beberapa kecamatan di kapuas hulu. Penyerahan bantuan dilakukan Bupati usai memimpin upacara peringatan HUT Pemprov Kalbar ke- 58 di halaman kantor Bupati Kapuas Hulu.

“Selain penyaluran bantuan alat-alat pertanian dan bantuan bibit sapi bergulir, Pemkab Kapuas Hulu juga menyerahkan bantuan mobil lapangan kepada Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Pendapatan Daerah Kapuas Hulu. Saya berharap bantuan yang diberikan pemerintah ini dapat bermanfaat dan selalu dijaga oleh penerima bantuan, untuk itu PPL di harapkan selalu mengawasinya,” tutur Nasir.

Adapun bantuan alat pertanian yang diserahkan adalah mobil penggiling padi sebanyak 3 unit, hand traktor 20 unit, transplanter (alat tanam padi) 1 buah, pompa air 1 buah dan power theser 3 buah. Khusus bantuan mobil penggiling padi diberi pada usaha pelayanan jasa alat mesin pertanian (UPJA) desa Kalis Raya kecamatan Kalis, desa Ingko Tambe dan Urang Unsa Kecamatan Putussibau Selatan.

Sementara untuk transplanter hanya diperbantukan bagi UPJA desa Nanga Tepuai kecamatan Hulu Gurung. Alat pertanian yang lainnya tersebar ke UPJA se Kapuas Hulu. Mesin dan bantuan lainnya diharapkan dapat membantu mensukseskan program pertanian di Kapuas Hulu. Sehinga target yang direncanakan Pemerintah kabupaten, provinsi dan pemerintah Pusat bisa tercapai sesuai rencana.

“Dengan adanya bantuan alat-alat pertanian hampir setiap tahun, diharapkan pertanian di kapuas hulu ini berkembang, demikian juga percetakan sawah baru,” ungkap Nasir. Sehubungan dengan bantuan bibit sapi bergulir, peternak yang telah berhasil mengembangkan sapi bantuan Pemerintah diharapkan bisa menyerahkan kepada kelompok lain, sehingga program sapi ini terus berjalan.