Calon Bupati Sintang berebut mendaftar ke PDI-P

0
1610
PDI-P Buka Pendaftaran Balon Bupati 2015
PDI-P Buka Pendaftaran Balon Bupati 2015

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Meski baru dua hari pendaftaran dibuka. Namun, sudah sudah enam Bakal Calon Bupati yang mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan(PDI-P) Sintang.

Ke-enam bakal calon bupati tersebut yakni Yosep Sudiyanto direncanakan berpasangan dengan Mauna. Balon kedua adalah Agrianus yang direncanakan akan berpasangan dengan, Mauna, Chomain Wahab, H.Wahyan dan Arbudin. Balon ke tiga yakni Krisantus berpasangan dengan Florensius Kaha, Adrianus Senen, Nikodemus R. Taon dan Mauna. Kemudian YAT Lukman Riberu berpasangan dengan Sri Wani, Teri Ibrahim, Heri Jambri dan Mauna.

Sementara Lensus Kandri berpasangan dengan Tuah Mngasih, Sudirman dan Herry Syamsuddin. Dan terakhir Ignasius Juan berpasangan dengan Mauna, Senen Maryono dan Tuah Mangasih.

 ” bakal calon bupati yang sudah mendaftar ke PDI-P Sintang saat ini sudah enam orang. Sementara untuk bakal calon wakil bupati jumlah total keseluruhanya ada 18,”ungkap Jefray Edward saat ditemui di sekretariat DPC PDI-P Sintang, Jumat (15/5).

Dari sekian banyak bakal calon yang sudah mendaftarkan diri ke PDI-P, namun belum ada bakal calon mengembalikan berkas pendaftaran. Sehingga belum bisa dipastikan apakah semua bakal calon tersebut positif ikut mendaftar

“Memang untuk Pengambilan berkas pendaftaran sejumlah calon sudah dilakukan, akan tapi belum bisa pastikan apah memang seiru ikut mendaftar atau tidak, makanya untuk pengembalikan berkasnya kita berikan batas waktu hingga pada tanggal 23 Mei 2015. “Jadi, keenam bakal calon bupati ini masing-masing membawa pasanganya sendiri,” ujarnya.

Menurutnya, dalam proses pemilukada 2015 ini, pihaknya mengacu pada SK DPP PDI-P No. 031. Dimana, semua bakal calon yang resmi mendaftarkan diri ke PDI-P nantiny, akan dilakukan verifikasi aadministrasi dan tes wawancara serta tertulis dan ada Rapat Kerja Cabang Khusus (Raakercabsus) PDI-P.

“Nah, hasil Rakercabsus inilah yang akan kita bawa ke tingkat provinsi hingga ke DPP PDI-P dalam menentukan siapa bakal calon bupati dana wakil bupati yang akan di usung pada pemilukada 2015 khusus di Sintang,” katanya.

Ditanya apakah PDI-P Sintang sudah ada gambaran siapa bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung PDI-P, Jefray pun belum bisa memastikan haal tersebut. Karena, PDI-P dalam mengusung bakal calon bupati dan wakil bupati melalui hsil survei. “Jadi yang memiliki kewenangan itu DPP, kita DPC hanya memberikan daftar nama bakal calon yang mendaftarkan diri ke PDI-P,” paparnya.

Menurutnya, pihaknya juga akan mempertimbangkan kader PDI-P baik yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati maupun wakil bupati. Karena, kita akan melihat ideologi partai, kepentingan partai, soliditas partai dan elektabilitas calon berdasarkan hasil survey.

“Secara internal, kader partai memang di prioritaskan, tapi semuanya tergantung pada hasil survey dan keputusan DPP PDI-P nantinya,” katanya.

Tak hanya itu, saat disinggung mengenai PDI-P akan berkoalisi dengan partai mana saja pada pilkadaa sinatang 2015 nantinya, Jefray hanya meminta kepada bakal calon bupati maupun wakil bupati yang mendaftar ke PDI-P sudah bisa membawa bendera partai yang siap untuk berkoaalisi dengan PDI-P.

“Untuk koalisi, kami mengharapkan siapa saja yang mendaftar sudah bisa membawa partai untuk koalisi dengan kita,” harapnya.