Dewan Terpilih Dilantik 8 September

0
1074
Abdul Supriyadi
Abdul Supriyadi

LINTASKAPUAS.COM, SINTANG- Sebanyak 35 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang terpilih periode 2014-2019 akan diambil sumpah jabatannya pada tanggal 8 september. Dari jumlah tersebut 14 orang diantaranya Caleg Incumbent.

“sejauh ini masalah persiapan administrasi sepenuhnya sudah kita persiapkan, mulai dari kepanitiaan serta gedung tempat pelantikan dan masalah jalinan koordinasi dengan pemerintah provinsi juga sudah dalam proses, dijadwalkan Gubernur juga akan hadir dalam pelantikan tersebut, “ungkap Sekretaris DPRD Kabupaten Sintang, Abdul supriyadi kepada wartawan kemarin.

Terkait masalah pengamanan, dikatan Abdul supriyadi tetap menjadi prioritas demi untuk kelancaran pelantikan antinya. “untuk pengamanan kita akan siagakan bantuan pengamanan Dari aparat kepolisian serta satuan polisi pamong praja (Sat Pol PP) hal ini kita lakukan demi untuk mengatisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, “ujarnya.

Dalam acara prosesi pengambilan sumpah jabatan Dewan terpilih tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Sintang, jajaran Forkorpimda, keluarga anggota dewan terpilih, dan mantan anggota DPRD priode 2009-2014 ikut diundang. “panitia pelantikan bakal menyiapkan tenda di luar ruang gedung DPRD, lantaran daya tampung ruang sidang paripurna terbatas. “Hanya undangan yang bisa masuk ke dalam,” kata Abdul.

“Untuk simpatisan, kawan atau rekan anggota DPRD yang dilantik kita siapkan empat tenda. Pendukung dewan datang tak bisa kita batasi untuk menghadiri pelantikan. Tapi kapasitas ruang tak cukup kalau semua masuk ke ruang pelantikan,” tambah  Abdul.

Mantan Camat Kayan Hulu ini juga menambahkan dalam proses pengambilan sumpah jabatan anggota DPRD terpilih tersebut akan dipandu langsung oleh ketua Pengadilan Negeri (PN)  Sintang.

“Sementara waktu pelantikan, pimpinan DPRD sementara dijabat perwakilan partai pemenang pemilu. Namun akan diawali penyerahan palu sidang dari ketua DPRD priode sebelumnya.

Ketua dewan sekarang menyurati partai pemenang pemilu agar  menunjuk anggotanya sebagai ketua sementara.  Sekwan nanti  yang membacakan risalah pelantikan. Kita sifatnya memfasilitasi dan mempersiapkan pelantikan,” kata Abdul.

ia menuturkan bahwa ketua dewan sementara mempunyai tugas sampai ketua DPRD definitif terpilih. Menyiapkan perangkat kelengkapan dewan juga menjadi bagian pimpinan sementara. “Siapa yang menjadi ketua DPRD sementara, kita tidak bisa menentukannya karena untuk posisi tersebut semuannya tergantung kepada partai pemenang pemilu di Sintang,”pungkas Abdul(Hery Lingga).